Hari Guru, Puskesmas Langensari Banjar Berikan Layanan Pemeriksaan IVA/Papsmear

25/11/2016 0 Comments
Hari Guru, Puskesmas Langensari Banjar Berikan Layanan Pemeriksaan IVA/Papsmear

Pemeriksaan IVA/Papsmear di Puskesmas Langensari II. Photo: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pada moment peringatan hari guru nasional dan HUT PGRI, Puskesmas DTP II Langensari Kota Banjar memberikan pelayanan IVA  (inspeksi visual dengan asam asetat) atau Papsmear sebagai dukungan gerakan promotif dan preventif bersama BPJS Kesehatan dan BKBPP, Kamis (24/11/2016).

Kepala Puskesmas DTP II Langensari, drg. Robyanto, mengatakan, layanan pemeriksaan yang dilakukan kali ini sebagai apresiasi kepada para guru yang telah berjasa meningkatkan kualitas pendidikan bangsa, terutama di Kota Banjar.

“Kami mengajak seluruh guru untuk saling mendukung pembangunan bidang kesehatan dan juga salah satunya berperan menyebarluaskan informasi tentang pentingnya deteksi dini kanker leher rahim,” ucapnya disela-sela kegiatan kepada HR Online, Jum’at (25/11/2016).

Sementara itu, Dadang Sulaeman, Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan (HKPK) BPJS Kesehatan Kota Banjar, mengatakan, pihaknya sebagai penyelenggara program JKN-KIS mengaku siap mensukseskan serta mengawal upaya meminimalisir angka penderita kanker serviks, khususnya di Kota Banjar.

“Apalagi pemeriksaan IVA/Papsmear sejalan program yang digalakan lembaga kami sebagai gerakan promotif preventif untuk meningkatkan derajat kesehatan penduduk indonesia,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kabid KB BKBPP Kota Banjar, Yuyu, menyebutkan, khusus untuk masyarakat umum, selain guru, terjaring sekitar 100 orang yang melakukan pemeriksaan IVA/Papsmear yang diselenggarakan di Puskesmas Langensari.

“Alhamdulillah dengan jaringan kelembagaan yang dimiliki dinas kami, respon kegiatan ini positif. Banyak ibu-ibu Posyandu di Kecamatan Langensari memeriksakannya,” katanya.

Sedangkan Ketua PGRI Ranting Kecamatan Langesari, Asep Hoer, mengapresiasi kerjasama kegiatan yang dilakukan dengan intansi/lembaga kesehatan.

“Kami akui, meski masih kurangnya para guru yang ada di wilayah Kecamatan Langensari melakukan pemeriksaan, namun kami mengapresiasi kerjasama ini. Kedepan, kerjsama tetap berjalan dan menjadi evaluasi bersama,” tuturnya. (Nanks/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!