Hati-hati! Pembuluh Darah Bisa Pecah Akibat Kebiasaan Merokok

18/11/2016 0 Comments
Hati-hati! Pembuluh Darah Bisa Pecah Akibat Kebiasaan Merokok

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Kebiasaan merokok tak hanya menjadi penyebab penyakit kanker, jantung, impotensi, atau gangguan kehamilan, namun juga akan menempatkanmu pada resiko tinggi untuk terkena aneurisma aorta abdominal.

Dilansir dari boldsky.com, sebuah penelitian menerangkan bahwa aneurisma aorta adalah salah satu pembuluh darah utama yang memasok darah ke perut, panggul dan kaki. Dengan demikian, maka racun rokok yang masuk ke aliran darah bisa menyebabkan pendarahan internal parah hingga membuatnya pecah.

Penelitian tersebut melibatkan 15.792 perokok dengan usia di atas 45 tahun, dan ditemukan 1 dari 17 orang memiliki resiko untuk mengidap aneurisma aorta abdominal seumur hidupnya.

Weihong Tang, pemimpin penelitian dari University of Minnesota, Amerika Serikat, mengatakan, meskipun diantara mereka telah berhenti merokok selama 3 sampai 8 tahun, tetapi mereka masih beresiko sekitar 2,6 hingga 3,5 kali lipat dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah merokok.

Selain merokok, penelitian tersebut juga menemukan bahwa seseorang yang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi akan mempunyai resiko untuk terkena aneurisma aorta abdominal. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!