Hebat, Tradisi Nyiar Lumar Ciamis Mendunia

19/11/2016 0 Comments
Hebat, Tradisi Nyiar Lumar Ciamis Mendunia

Tradisi Nyiar Lumar di Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Photo: net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tradisi Nyiar Lumar merupakan ciri khas Kabupaten Ciamis ternyata sudah menjadi salah satu event nasional. Sebab, pengunjung yang datang dari berbagai daerah yang ada di Indonesia seperti Bali, Surabaya, Solo, Wonosobo dan Salakanagara Banten.

“Dikatakan event nasional karena pengunjung dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Sebenarnya kami ingin menyediakan tempat untuk seluruh kesenian tradisional yang ada di daerah lain disini. Namun kita maksimalkan yang ada dulu,” kata Dadang Kimos kepada HR Online, Jum’at (18/11/2016).

Dalam agenda Nyiar Lumar ke 10 tersebut, Dangki mengungkapkan bahwa beberapa negara seperti Amerika, Australia dan Italia akan ikut memeriahkan Nyiar Lumar. Selain pernah tampil dalam tradisi sunda tersebut, mereka juga akan mengisi acara Nyiar Lumar nantinya.

“Mereka antusias terhadap kesenian Indonesia, terutama asli Kabupaten Ciamis. Selain itu, karena keanekaragaman dan sangat berbeda dengan negara lain,” ucapnya.

Melihat antusias yang sangat tinggi tersebut, Dangki berencana akan event tersebut bukan hanya pada tataran nasional saja, akan tetapi sampai ke internasional.

“Langkahnya sudah jelas ada. Tinggal keseriusan untuk melestarikan budaya asli Ciamis baik dari seniman, masyarakat dan pemerintah,” tegasnya. (Tantan/R6/HR-Online)

Berita Terkait

Seniman Ciamis Keluhkan Anggaran Nyiar Lumar Dari Pemerintah Minim

Nyiar Lumar, Kesenian Budaya Asli Ciamis Siap Digelar

Siapkan Ronggeng Kaler, KTNA Kawali Ciamis Akan Ramaikan Nyiar Lumar

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!