Hingga Akhir Oktober 2016, Penyerapan BanKeu Desa di Banjar Capai 69 Persen

13/11/2016 0 Comments
Hingga Akhir Oktober 2016, Penyerapan BanKeu Desa di Banjar Capai 69 Persen

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Serapan anggaran Pemerintah Kota Banjar, khusus bantuan keuangan (BanKeu) desa hingga 31 Oktober 2016 ini sudah mencapai 69%. Namun, kondisi tersebut menjadikan kehawatiran akan adanya Silpa lebih banyak dari tahun sebelumnya, karena tersisa dua bulan masa berakhirnya tahun anggaran.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Banjar, Ir. H. Tommy Subagja, MM., melalui Kabid. Perbendaharaan, Elon Dahlan, mengatakan, serapan tersebut dari total bantuan yang diterima tahun 2016 untuk 16 desa, baik dari ADD, DD, Bagi Hasil Pajak dan Bagi Hasil Retribusi Daerah sebesar Rp.56.5 miliar.

“Dari jumlah total bantuan keuangan untuk 16 desa sebesar 56,5 miliar rupiah, kami sudah mencairkannya 39 miliar rupiah. Jadi, terdapat saldo atau tersisa 18 miliar rupiah yang belum dicairkan,” ungkap Elon, kepada Koran HR, Selasa (08/11/2016) lalu.

Meski tersisa dua bulan lagi, lanjut Elon, namun pihaknya siap mencairkan jumlah saldo tersebut. Tetapi hal itu tergantung dari kesiapan setiap desa. Karena, DPPKAD sendiri berharap jangan sampai menjadi silpa, apalagi terjadi lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Agar serapan makin cepat, pihaknya mendorong supaya semua desa segera memproses termin pencairan, tentunya lengkap dengan persyaratan administrasi. Sementara itu, informasi yang dihimpun Koran HR di lapangan, hampir semua desa masih disibukan dalam penyusunan APBDes Perubahan 2016 dan penyusunan LPJ pencairan tahap II.

Bahkan, pemerintah desa pun sudah harus menyiapkan penyusunan RAPBDes 2017 dan sudah harus selesai serta disyahkan di bulan Desember 2016. (Nanks/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!