Ini Tujuan Lapas Banjar Adakan Family Support Group

03/11/2016 0 Comments
Ini Tujuan Lapas Banjar Adakan Family Support Group

Penghuni Lapas kelas III Banjar khusus kasus narkoba mengadakan Family Support Group (FSG) sekaligus Family Day, di aula Lapas kelas III Banjar, Kamis (3/11/2016). Photo : Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas III Banjar mengadakan Family Support Group (FSG) rehabilitasi penyalahgunaan narkoba sekaligus Family Day, di aula Lapas kelas III Banjar, Kamis (3/11/2016).

Kepala Lapas kelas III Banjar, Kadek Anton Budiharta mengatakan, kegiatan ini diikuti warga binaan pengguna narkoba sebanyak 30 orang dari 135 penghuni Lapas kasus narkoba.

Dia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan lagi warga binaan yang selama ini putus atau retak dengan keluarganya. Selain itu, mereka juga direhabilitasi dengan diberi pembinaan dan pemahaman tentang penyalahgunaan narkoba.

“Kegiatan ini bekerjasama dengan Badan Narkoba Nasional Provinsi Jawa Barat, yang mengkonseling mereka (warga binaan),” ujarnya kepada HR Online.

Kadek menambahkan, berdasarkan laporan dari tim konseler yang merehabilitasi para warga binaan kasus narkoba, di Lapas Banjar cukup antusias dibanding daerah lain. Karena, mereka juga selalu mengadakan kunjungan ke setiap Lapas memberikan pembinaan kepada warga binaan di Lapas lainnya.

Selain itu, kegiatan FSG disatukan dengan family day yang biasanya dilaksanakan minggu keempat setiap bulannya, yang diikuti warga binaan lainnya berkumpul bersama keluarga.

Masih kata Kadek, kegiatan kali ini dilaksanakan dengan jumlah pengunjung, peserta dan waktu tidak terbatas. Mereka berkumpul dengan keluarga masing-masing untuk mengikuti berbagai kegiatan seperti seminar, permainan, hiburan dan lainnya.

Ia berharap kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi keluarga warga binaan karena bisa berkumpul bersama-sama. Selain itu, untuk warga binaan kasus narkoba mereka bisa mengikuti kegiatan rehabilitasi tahap kedua tahun depan. (Hermanto/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!