Kecamatan Padaherang Juara Umum Festival Seni Buhun di Pangandaran

03/11/2016 0 Comments
Kecamatan Padaherang Juara Umum Festival Seni Buhun di Pangandaran

Para guru kesenian di lingkup UPTD Kecamatan Padaherang, usai mengikuti Festival Seni Buhun dan berhasil meraik juara umum. Photo: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, berhasil meraih juara umum dalam Festival Seni Buhun yang digelar di Lapangan Parigi, pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Pangandaran ke-4 beberapa waktu lalu.

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Padaherang, Kemal, mengatakan, penyelenggaraan festival seni budaya asli Sunda tersebut sangat luar biasa dan sukses. Untuk itu, pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Pangandaran, sebagai pihak penyelenggara.

“Bukan nilai pagelarannya saja yang bagus, tapi juga nilai seni dan budayanya. Hal itu salah satu untuk melestarikan budaya bangsa yang ada di Kabupaten Pangandaran. Terlebih ikon Pangandaran saat ini menuju Kabupaten Pangandaran yang mendunia,” ujar Kemal, kepada Koran HR, ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (31/10/2016).

Menurutnya, budaya buhun Sunda sangat bisa disuguhkan kepada dunia, dalam hal ini adalah para wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran. Adapun prestasi yang diraih pihaknya itu tiada lain hasil kerja keras para guru guru yang ada di Padaherang, terutama guru kesenian.

“Hasil prestasi yang diraih itu akan digunakan untuk mendirikan kantor sekretariat FKGK, yakni Forum Konsultasi Guru Kesenian di Kecamatan Padaherang,” kata Kemal.

Sementara itu, Endis, salah seorang guru kesenian di SDN Panyutran Padaherang, menambahkan, peserta dari Kecamatan Padaherang saat mengikuti Festival Seni Buhun bukan hanya menapilkan seni beluk saja, namun juga menampilkan seni buhun lainnya. Hasilnya, Padaherang meraih prestasi yang membanggakan.

Endis menilai, event Festival Seni Buhun merupakan salah satu cara untuk “ngamumule” budaya khas tradisional yang ada di Kabupaten Pangandaran. Khusus untuk Kecamatan Padaherang, peserta yang ikut dalam festival tersebut adalah para guru kesenian. Berbeda dengan peserta dari kecamatan lainnya yang mengkolaborasikan antara guru dan masyarakat mewakili UPTD.

“Yang lebih mengesankan di festival tersebut adalah pihak juri, baik dari Pangandaran maupun juri dari provinsi. Mereka bekerja secara profesional,” pungkas Endis. (Ntang/R3/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!