Khanza Band Darussalam Ciamis Juara Favorit di Festival Band Pelajar se-Jawa

25/11/2016 0 Comments
Khanza Band Darussalam Ciamis Juara Favorit di Festival Band Pelajar se-Jawa

Grup band dari MAN Darussalam Ciamis bernama Khanza Band, yang berhasil meraih juara favorit dalam ajang Festival Band Pelajar se-Jawa di UGM Yogyakarta. Photo: Heri/HR.  

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Untuk meningkatkan kreatifitas siswa, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Darusalam Ciamis, Jawa Barat, mengirimkan perwakilannya di ajang Festival Band Pelajar se-Jawa yang dilaksankan di kampus Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, pada 19 November 2016.

Meski hanya meraih juara favorit pada festival bend yang bertemakan Gajah Mada Eksibisin itu, namun band pelajar asal MAN Darussalam Ciamis cukup puas. Dalam festival tersebut mereka membawakan dua lagu milik Nike Ardila yang berjudul Bintang Kehidupan, serta lagu wajib berjudul Rumah Kita.

Grup musik pelajar asal MAN Darussalam bernama Khanza Band dengan jumlah personil 3 perempuan dan 4 laki-laki itu terdiri dari Rizky Alfiana Kusmaya, Dede Nursoleh, Ahmad Parid, Muhamad Faisal Pahlefi, Fasya Hamdan Akbar, Fadlya Ripda Hilwah, Milki Barokah dan Nasya Edlyne Salamah, mampu menyuguhkan penampilan yang terbaik di hadapan para dewan juri sehingga memperoleh nilai maksimal dan menyisihkan grup band dari sekolah lain.

Saat ditemui HR Online, Jum’at (25/11/2016), Nasya Edlyne Salamah (16), violin MAN Darussalam Ciamis yang merupakan salah satu personil Khanza Band, mengatakan, kemenangan grupnya tiada lain karena kegigihannya dalam berlatih.

“Ini merupakan modal awal kami, dan kami berterimakasih kepada sekolah yang sudah memfasilitasi kami,” ucapnya.

Menurut dia, festival musik pelajar dinilai tidak hanya sebuah upaya penyaluran bakat musik bagi generasi muda, tapi bisa mengarahkan kalangan pelajar untuk lebih kreatif dan menghindari tindakan yang mengarah merusak mental.

“Lebih baik seperti ini karena kami bisa berkreasi, dibandingkan harus melakukan tindakan yang merusak diri, seperti mengkonsumsi narkoba. Dengan kegiatan musik, kami justru memberikan hiburan dan contoh yang baik bagi orang lain,” tuturnya.

Nasya juga mengatakan, bahwa selama ini kegiatan festival band antar pelajar di Ciamis minim. Pihaknya berharap, kemenangan ini menjadi motivasi untuk pengembangan seni musik di MAN Darussalam Ciamis. Apalagi siswa-siswinya cukup banyak yang berbakat.

Sementara itu, salah seorang guru di MAN Darussalam Ciamis, Chusna Arifah, menambahkan, kegiatan tersebut merupakan ajang untuk meningkatkan kemampuan musik para siswanya, serta mengenalkan sekolah di luar daerah.

“Bagaimanapun cita-cita tanpa dibarengi dengan modal pendidikan, saya rasa itu kurang baik. Sebab, pendidikan adanya pada sisi pembentukan karakter pribadi,” tandasnya. (Heri/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!