Kualitas Dosen Faperta Unigal Ciamis Digenjot Lewat Penelitian

12/11/2016 1 Comment
Kualitas Dosen Faperta Unigal Ciamis Digenjot Lewat Penelitian

Dekan Faperta, Mochamad Ramdan, SP.,MP, saat menyampaikan materi pada kegiatan workhsop dan pelatihan. Photo : Dok. Cecep Pardani, SP.,MP

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis menggelar Workshop dan Pelatihan tentang pengajaran, penelitian dan pengabdian. Kegiatan workshop dan pelatihan tersebut diikuti 21 orang dosen di lingkungan fakultas, Jum`at-Sabtu (11-12/11/2016).

Dekan Faperta, Mochamad Ramdan, SP.,MP, mengatakan, kegiatan workshop dan pelatihan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kualitas tugas dan fungsi dosen, baik di bidang pengajaran, penelitian ataupun pengabdian.

Ramdan menjelaskan, kegiatan tersebut melibatkan sejumlah instruktur berpengalaman, diantaranya, Drs. H. Sukomo, M.Si, di bidang proses pembelajaran dan instrumen, Ir. Dedi Herdiansyah, MP, di bidang sistem penilaian dan evaluasi sistem pembelajaran.

“Kemudian Tito Hardiyanto, SP.,MP, di bidang penyusunan proposal dan laporan penelitian, Ir. Sudrajat, MP, di bidang penyusunan proposan dan laporan pengabdian, Cecep Pardani, SP.,MP, di bidang penyusunan daftar urut kepangkatan (Dupak) atau penilaian angka kredit jabatan fungsional, dan DR. Zulfikar Noormansyah, SP.,MP, di bidang penulisan artikel hasil penelitian untuk jurnal,” katanya.

Lebih lanjut, Ramdan menuturkan, usai mengikuti pelatihan dan workshop, kualitas pengajaran dosen meningkat, kuantitas dan kualitas penelitian dosen juga meningkat. pihaknya menjamin akan memberikan dana stimulan bagi para dosen yang mengajukan proposal penelitian.

“Kami (Fakultas) akan memberikan dana stimulan bagi para dosen. Syaratnya, dosen harus mengajukan proposal penelitian,” katanya.

Ramdan menyebutkan, karya atau hasil penelitian yang dilakukan para dosen Faperta akan diterbitkan pada Jurnal Mimbar Agribisnis. Namun sebelum itu, para dosen yang melakukan penelitian harus menyampaikan hasil penelitian pada seminar, baik nasional ataupun internasional pada Bulan April 2017 mendatang.

“Jadwalnya, minggu-minggu ini digunakan untuk penyusunan dan pengajuan proposal penelitian. Sementara untuk penelitian dilakukan antara Bulan Januari hingga Maret. Dan pada Bulan April, diseminarkan,” katanya.

Sebagai pimpinan fakultas, Ramdan mendorong para dosen untuk terus berkarya dengan cara memperbanyak melakukan penelitian. Menurut dia, para dosen memiliki banyak kesempatan dan peluang untuk mendapatkan dana hibah dari Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti).

“Di Faperta, Ir. Sudrajat dan Tito Hardiyanto, SP.,MP, merupakan dosen yang rutin setiap tahun mendapatkan dana hibah dari Dikti. Sebabnya, mereka selalu melakukan penelitian. Ini perlu dijadikan motivasi bagi para dosen,” ucapnya. (Deni/Koran-HR)

About author

Related articles

1 Comment

  1. Ryska Tyo November 12, at 09:16

    Masih untung, biar pening dan pusing kepala, begitupun pegal leher karena terfokus berfikir demi bagusnya "sebuah proposal, penelitian dan publikasi on seminarity karena job " pengajaran, penelitian dan pengabdian ", tapi ada yang biayain yakni dana hibah direktorat jendral,,,,kasihan pak dikampung kmpung saya, banyak yang melakukan "penelitian dan pengabdian keluarga " , dia tidak dibantu oleh dana dana luar, seperti dana dana yang terlink dengan Universitas dan hibah APBD, baik APBD pemprov, maupun dana hibah dan bansos APBD kota ,#goodjob #goodluck saja

    Reply

Leave a Reply