Lagi, Ratusan Hektar Sawah di Pangandaran Terendam Banjir

18/11/2016 0 Comments
Lagi, Ratusan Hektar Sawah di Pangandaran Terendam Banjir

Kondisi banjir yang menelan ratusan hektar di wilayah Padaherang. Photo: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Ratusan hekatar sawah yang berada di Kecamatan Padaherang dan Kalipucang Kabupaten Pangandaran kembali diterjang banjir akibat luapan air sungai kiriman hulu wilayah Tasikmalaya dan Ciamis, sehingga sawah tersebut bak hamparan danau yang penuh dengan air.

Dedi, petani Kalipucang, mengatakan, lokasi banjir yang terletak di Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang dan Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang sebelumnya pernah mengalami surut sekitar 1 minggu lalu. Namun kondisi banjir kembali menerjang setelah cuaca memburuk dan air kembali menerjang sawah di wilayahnya.

“Awalnya petani gembira karena akan bisa melakukan penanaman. Namun, saat padi sudah berumur sekitar 1 bulan, air malah kembali datang. Jadi petani merugi ratusan juta rupiah,” kata Dedi kepada Koran HR, Selasa (15/11/2016).

Ditempat terpisah, Sano, Kepala Desa Paledah Kecamatan Padaherang, mengtakan, banjir di wilayahnya justru lebih parah dibanding dengan wilayah Desa Ciganjeng dan Tunggilis. Pasalnya, lama banjir di Paledah mencapai 1 tahun lamanya.

“Wilayah Paledah dilintasi oleh 2 sungai besar, Citanduy dan Ciseel. Kami telah mengusulkan ke pihak BBWS yang ada di Kota Banjar. Namun, hingga saat ini sekitar 450 hektar sawah terendam banjir hingga mencapai ketinggian 3 meter,” katanya. (Ntang/R6/Koran-HR)  

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!