Meski Ambrol, Jembatan Bailey Ciputrapinggan Pangandaran Masih Bisa Dilintasi

24/11/2016 0 Comments
Meski Ambrol, Jembatan Bailey Ciputrapinggan Pangandaran Masih Bisa Dilintasi

Pondasi jembatan darurat (bailey) Ciputrapinggan ambrol menyusul hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya sejak Rabu (23/11/2016) malam hingga dini hari tadi. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Meski pilar bronjong jembatan bailey Ciputrapinggan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, ambrol dan empat tiang besi penyangganya patah serta hanyut terseret arus, namun tampaknya masih bisa dilintasi untuk akses penyebrangan kendaraan yang berbobot di bawah 10 ton.

Pemkab Pangandaran pun kini sudah membuka kembali jembatan tersebut setelah sebelumnya ditutup sementara pasca terjadinya ambrol.

“Setelah tadi kami berkomunikasi dengan staf Kementerian PU serta rekanan yang mengerjakan jembatan tersebut, disepakati bahwa jembatan bailey tersebut dibuka kembali. Karena setelah diperiksa, kontruksi jembatan tersebut masih kuat dilintasi oleh kendaaraan berbobot di bawah 10 ton, meski setengah pilar bronjongnya ambrol,” ujarnya, kepada HR Online, Kamis (24/11/2016).

Anang menambahkan, sebenarnya tanpa menggunakan pilar tumpukan batu bronjong pun jembatan bailey tersebut masih kokoh untuk dilewati kendaraan berbobot di bawah 10 ton. Kendaraan di bawah 10 ton, yakni seperti mobil mini bus yang berkapasitas 7 penumpang. “Kalau hanya di bawah 10 ton, jembatan bailey itu tak perlu menggunakan pilar tumpukan batu bronjong. Karena dengan bentangan besi jembatannya pun sudah kokoh,” terangnya.

Namun, lanjut Anang, saat itu ada permintaan dari Pemkab Pangandaran agar jembatan bailey tersebut bisa dilintasi oleh kendaraan berat yang berbobot di atas 10 ton. Karena, akhir tahun ini akan banyak kendaraan berat masuk ke Pangandaran untuk menyuplai bahan bangunan guna menuntaskan sejumlah pengerjaan pembangunan fisik, baik dari program pemerintah maupun swasta.

“Makanya, pihak rekanan akan memperbaiki pilar dan tiang penyangga jembatan bailey tersebut, hingga kembali bisa dilewati oleh kendaraan berat berbobot di atas 10 ton. Pihak rekanan sudah menyatakan kesanggupannya memperbaiki, meski kerusakan jembatan bailey ini diakibatkan oleh faktor alam. Karena memang saat ini masih dalam masa pemeliharaan jembatan,” pungkasnya. (Bgj/R2/HR-Online)

Berita Terkait

Duh! Pondasi Jembatan Bailey Ciputrapinggan Pangandaran Ambrol

Selain Ambrol, 4 Tiang Jembatan Bailey Ciputrapinggan Pangandaran Hilang

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!