Nanti Malam Mari Saksikan Fenomena Supermoon Paling Istimewa

14/11/2016 0 Comments
Nanti Malam Mari Saksikan Fenomena Supermoon Paling Istimewa

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Nanti malam, tepat 14 November, supermoon paling istimewa akan muncul di langit, di mana pun Anda berada. Dikutip dari NASA, bulan akan mencapai titik terdekatnya dengan bumi pada tanggal 14 November 2016, atau sedang pada fase penuh. Bulan akan terlihat 30 persen lebih terang dan 14 persen terlihat lebih besar dari biasanya.

Fenomena seperti ini jarang kita lihat. Keadaan bulan sedekat itu dengan bumi pernah terjadi pada Januari 1948, atau terhitung hampir 69 tahun silam, dan keadaan tersebut akan terulang lagi 18 kemudian, yaitu tanggal 25 November 2034.

Tidak ada cara tertentu untuk bisa menyaksikan supermoon, yang Anda butuhkan cukup menengok ke atas dan berharap langit malam nanti cukup cerah agar supermoon dapat terlihat lebih cerah. Bulan akan semakin nampak jelas dan cerah lantaran jaraknya dengan permukaan bumi hanya 348.400 kilometer.

Bagi Anda para pecinta bulan purnama yang tidak pernah absen menikmati keindahan bulan purnama dalam setiap bulannya, tentu saja supermoon ini akan terlihat sangat berbeda, karena ukuran dan kecerahannya meningkat drastis.

Tapi menurut Live Science, bagi Anda yang jarang menikmati keindahan bulan purnama, mungkin ukuran supermoon akan telihat biasa saja, yang jelas Anda akan melihat bulan malam nanti lebih cerah.

Dalam pernyataannya NASA pun mengungkapkan, bulan akan berada dalam fase full selama dua jam perigee. Artinya, kita akan menikmati bentuk bulan terbesar hanya selama dua jam saat bulan berada di titik terdekat dengan bumi. Selanjutnya bulan perlahan menjauh tapi masih tetap terlihat lebih besar dan terang dari bulan purnama biasanya.

Supermoon memang akan selalu menjadi fenomena dikarenakan orbit bulan dalam mengelilingi bumi tidak sepenuhnya bulat, bahkan berbentuk lonjong. Sehingga, bulan akan selalu mencapai titik terdekat dengan bumi (perigee), juga akan selalu mencapai titik terjauh dari bumi (apogee).

Ketika jaraknya berada pada titik terdekat dengan bumi, maka perbedaan jarak bulan saat berada di titik terjauh denga bumi bisa mencapai 50 ribu kilometer. Hal inilah yang membuat pada supermoon, di mana bulan akan terlihat jauh lebih besar dan lebih terang. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!