Nyiar Lumar, Kesenian Budaya Asli Ciamis Siap Digelar

18/11/2016 0 Comments
Nyiar Lumar, Kesenian Budaya Asli Ciamis Siap Digelar

Ketua Pelaksana Nyiar Lumar sekaligus Seniman Ciamis Dadang Kimos. Photo : Tantan/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Untuk menghidupkan sekaligus mengenalkan kesenian asli Kabupaten Ciamis khususnya di Kecamatan Kawali, kesenian Nyiar Lumar akan kembali digelar. Bertempat di Situs Linggahiang, Astana Gede, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, pagelaran seni ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu (19/11/2016) pukul 14.00 WIB.

Ketua Pelaksana Nyiar Lumar sekaligus Seniman Ciamis Dadang Kimos, saat konfrensi pers di Padepokan Paseban Jagat Palaka, Kawali, Jum’at (18/11/2016) mengatakan, pelaksanaannya akan dibuka dengan acara helaran, dimana didalamnya itu diikuti oleh beberapa komunitas seni.

Pria yang akrab disapa Dangki menuturkan, komunitas seni yang akan tampil seperti, Bebegig dari Sukamantri, Batu Kararas, Lodaya Winduraja, Kuda Bajir, Teater Jagat, Teater Buana serta ditambah oleh anak-anak sekolah yang berada di sekitar Kawali.

“Kemudian dilanjutkan dengan pementasan kecil di halaman kecamatan. Ada beberapa pementasan yang akan ditampilkan seperti, Karinding, Gending Kreasi, Pencak Silat dan beberapa pementasan lainnya,” tuturnya.

Rencananya, acara Nyiar Lumar yang dimulai setelah Adzan Isya bertempat di halaman Kecamatan Kawali, akan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis.

Dijelaskannya, Nyiar Lumar adalah sebuah kegiatan kesenian atau wisata konten klasik yang ada, tetapi tidak lajim dengan berbagai kegiatan kebudayaan di daerah lain.  “Karena kita menggunakan konsep non maden yang berarti bergerak terus dari satu panggung ke panggung yang lainnya,” jelasnya.

Untuk itu, imbuhnya, panitia sudah menyiapkan sebanyak delapan panggung yang akan diisi dari berbagai kesenian secara selektif, dikarenakan ingin menjaga kualitas dari acara Nyiar Lumar.

“Sehingga kami mengharapkan, bahwa yang akan tampil di berbagai panggung merupakan kesenian-kesenian tradisional kontemporer yang memang betul-betul sudah mempunyai kualitas,” pungkasnya. (Tantan/R5/HR-Online) 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!