PDIP Siapkan Kader Militan Terlatih Hadapi Pilkada Ciamis

21/11/2016 0 Comments
PDIP Siapkan Kader Militan Terlatih Hadapi Pilkada Ciamis

Ketua DPC PDIP Kabupaten Ciamis, Oih Burhanudin, saat memberikan sambutan kegiatan Kursus Kader Pratama (KKP) DPC PDIP Ciamis, Jumat (11/11/2016) di kawasan Situ Lengkong Panjalu. Foto: Tantan Mulyana/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ketua DPC PDIP Kabupaten Ciamis, Oih Burhanudin, menegaskan, pihaknya sudah menyiapkan sedikitnya 300 kader militan yang sudah terlatih untuk membantu pemenangan pada perhelatan Pilkada Ciamis tahun 2018 mendatang. Kader militan yang sudah digembleng pada pelatihan Kursus Kader Pratama (KKP) ini, dalam waktu dekat akan mulai bekerja untuk menyukseskan pemenangan Pilkada.

“300 kader militan yang digembleng pada pelatihan KKP ini bukan struktur pengurus partai. Tapi mereka adalah kader dan simpatisan yang disiapkan untuk membantu struktur partai dalam memenangkan PDIP di setiap event pemilu, baik pada Pilkada, Pileg dan Pilpres nanti,” kata Oih, kepada Koran HR, Selasa (15/11/2016).

Oih menambahkan, meski pelaksanaan Pilkada Ciamis masih setahun berselang, namun pihaknya sengaja melakukan konsolidasi lebih awal. Karena, menurutnya, fungsi partai politik tidak hanya mengejar kekuasan semata. Tetapi, kekuasan yang diraih, harus menjadi alat untuk memperjuangkan kesejahtraan rakyat.

“Artinya, struktur pengurus partai yang dibantu para kader militan tidak hanya mensosialisasikan dan membumikan visi dan misi PDIP saja, tetapi mereka pun ditugaskan untuk membantu kepentingan masyarakat di lingkungan sekitarnya,” ujarnya.

Seperti contoh, kata Oih, para kader militan yang digembleng pada pelatihan KKP, sudah ditugaskan untuk mengawal dan membantu pembangunan di tingkat desa, memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dan membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Oih pun menambahkan cara PDIP yang lebih mendekatkan diri di tengah-tengah masyarakat, diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap partai politik. “Kami tidak ingin ada anggapan dari masyarakat bahwa partai politik hanya turun ke masyarakat pada saat kampanye Pemilu saja. Tapi kami PDIP berkomitmen akan terus hadir di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya.

Dengan adanya modal itu, Oih menegaskan PDIP sudah bersiap menatap perhelatan Pilkada Ciamis tahun 2018 mendatang. “Kami memiliki 13 ribu pengurus struktur partai DPC PDIP Ciamis hingga ke tingkat ranting. Ditambah 300 kader militan yang sudah dilatih. Selain itu, kami pun memiliki ribuan anggota organisasi sayap PDIP. Mereka sudah bersiap memenangkan calon yang diusung PDIP di perhelatan Pilkada Ciamis,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP, Jawa Barat, Abdy Yuhana, mengungkapkan, pihaknya sudah menetapkan akan mengusung Ketua DPC PDIP Ciamis Oih Burhanudin untuk maju di Pilkada Ciamis tahun 2018. Menurutnya, sebagai partai pemenang Pemilu di Kabupaten Ciamis, sudah selayaknya PDIP mengusung kader terbaik untuk maju di Pilkada.

“Sebagai partai pemenangan Pemilu, kami berharap Oih Burhanudin bisa diusung menjadi calon bupati. Namun, apabila dalam proses politik nanti Oih harus berposisi sebagai calon wakil bupati, kami pun siap menerima. Yang pasti, kami akan melihat dulu elektabilitas dari hasil survey nanti, apakah Oih diposisikan menjadi calon bupati atau calon wakil bupati,” katanya saat menghadiri kegiatan Kursus Kader Pratama (KKP) DPC PDIP Ciamis, Jumat (11/11/2016) lalu, di kawasan Situ Lengkong Panjalu.

Abdy pun mengatakan, pihaknya sudah mengantongi nama calon yang bakal disandingkan dengan Oih Burhanudin di Pilkada 2018 nanti. “Nama calon yang akan mendampingi Oih Burhanudin sudah ada di kantong saya. Namun, belum bisa saya ungkapkan ke publik sekarang, karena masih dini. Tunggu saja nanti pada waktunya,” katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPC PDIP, Oih Burhanudin, menyatakan dirinya siap jika diminta partai untuk maju di Pilkada Ciamis. “Sebagai petugas partai, saya siap menerima apapun yang ditugaskan partai,” kata Wakil Bupati Ciamis ini.

Ketika ditanya apakah dirinya sudah menentukan pilihan pasangan calon di Pilkada Ciamis, Oih mengatakan, mengenai hal itu dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada partai. “Hanya, saya menginginkan pasangan yang memiliki visi misi yang sama dan mau bekerja keras untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat Ciamis,” katanya. (Bgj/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!