Pemda Ciamis Terus Upayakan Percepatan Penanggulangan Kemiskinan

30/11/2016 0 Comments
Pemda Ciamis Terus Upayakan Percepatan Penanggulangan Kemiskinan

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Masalah kemiskinan bukan hanya permasalahan di Kabupaten Ciamis saja, namun merupakan isu strategis dan menjadikan prioritas dalam pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Ciamis H. Oih Burhanudin, kepada Koran HR, Selasa (29/11/2016), usai membuka rapat koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah di Aula Adipati Angganaya, Bappeda Kabupaten Ciamis.

Menurut dia, pada dasarnya pembangunan merupakan salah satu upaya yang terus dilakukan oleh berbagai pihak. Seperti memanfaatkan potensi yang telah tersedia, memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat, serta dalam hal memenuhi kebutuhan masyarakat untuk menuju kesejahteraan yang lebih baik dan bekesinambungan.

Berbagai program-program pembangunan dalam mengakselerasikan penurunan angka kemiskinan, telah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

“Dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan saat ini, sangat diperlukan upaya penajaman yang meliputi beberapa hal, diantaranya dalam penempatan sasaran, rancangan, keterpaduan, program, monitoring, evaluasi dan efektifitas anggaran yang sudah tergambarkan dalam strategi penanggulangan kemiskinan,” katanya.

Untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk miskin, terutama di berbagai daerah, harus mempunyai beberapa strategi yang akan dilakukan. Misalnya melalui pendekatan pemenuhan dasar, peningkatan maupun pengembangan ekonomi produktif, serta penyediaan jaminan dan perlindungan sosial.

“Kami khususnya di Kabupaten Ciamis, akan terus mengupayakan dalam hal percepatan penanggulangan kemiskinan, dan itu terus dilaksanakan melalui berbagai program, baik program pusat maupun program daerah. Salah satu contoh program pusat yakni adanya Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Keluarga Sejahtera,” terang Oih.

Sedangkan, program dari daerah sendiri sudah dikeluarkan, seperti Kartu Calakan, Kartu Waluya dan Kartu Walagri. Selain itu, dilaksanakan pula program lainnya, yakni Program Mandiri Pangan, Subsidi Raskin, dan Kredit Usaha Rakyat. (Tantan/R3/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!