Pendidikan Moral Remaja Banjar Perlu Ditingkatkan

21/11/2016 10 Comments
Pendidikan Moral Remaja Banjar Perlu Ditingkatkan

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Berkaitan dengan adanya sejumlah kalangan remaja yang perilakunya menyimpang dari norma-norma agama, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Persiapan Kota Banjar, Jajang Wahyudin, mengatakan, hal tersebut merupakan suatu peringatan bagi semua kalangan. Masalah ini adalah tanggung jawab bersama, tidak hanya pihak sekolah, ulama, maupun lingkungan keluarga.

“Ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Menurut pandangan saya, hal ini terjadi dari kurangnya pemahaman agama, kurangnya perhatian keluarga, dan bisa saja akibat salah asuh orang tua sehingga anak tidak terkendali dan cenderung mencari kebebasan di luar,” kata Jajang, kepada HR, Senin (14/11/2016) pekan lalu.

Pendapat serupa dikatakan salah seorang aktivis perempuan Korp PMII Putri (KOPRI) Kota Banjar, Ayyi Masruhah, yang mengaku prihatin dengan adanya hal seperti ini. Menurut dia, Pemerintah Kota Banjar dan dinas terkaitnya, yakni Dinas Kesehatan, Dinasos, serta Kemenag, harus cepat melakukan penyuluhan.

Sosialisasi dilakukan harus menyisir ke semua leading sektor untuk memberikan pemahaman terhadap remaja tentang bahaya mengkonsumsi obat-obat terlarang maupun minuman oplosan yang memabukan, serta pembekalan moral, mental dan iman.

“Pemerintah melalui instansi-instansi terkait harus cepat melakukan penyuluhan dan pemahaman kepada remaja yang ada di Kota Banjar, serta harus sebanding lurus dan gencar dilakukan pemerintah dalam agenda besar mengatasi masalah yang sedang mengemuka akhir-akhir ini,” tandas Ayyi.

Tak hanya kalangan aktivis mahasiswa saja yang menanggapi permasalah ini. Engkus (50) misalnya, salah seorang warga Banjar, menilai bahwa masalah ini menjadi sebuah ketimpangan tersendiri, yang mana pemerintah tidak memperhatikan pemudanya. Padahal, cerminan kristalisasi baik buruknya suatu daerah tergantung bobot dan kualitas pemudanya.

“Memang benar, ini merupakan tanggung jawab bersama, namun pemerintah pun harus cepat tanggap. Banjar kota yang agamis atau dengan motto iman dan taqwa, jangan hanya dijadikan slogan saja. Dalam hal ini jelas seolah pemerintah hanya memikirkan dan menganak emaskan partai politik saja daripada organisasi kepemudaan,” kata Engkus.(Hermanto/Koran HR)

About author

Related articles

10 Comments

  1. Wacana sosial politik Apalagi yang akan dipublikasikan dan wacana "do problems solving" pemerintah apalagi yg akan dipublikasikan, dalam menangani isu isu sosial dan politik !! Permasalahannya dari dulu begini toh, cuman gak di ekspos media dan dipolitisasi para politikus !! Politikus adalah bukan Jajaran dewan saja atau calon anggota dewan, para pegawai negerilah sebetulnya para politikus harian , masih untung dewan tuh, politikus per setiap 4 atau 5 tahun sekali

    Reply
  2. Ryska Tyo November 21, at 08:20

    Modeared type, gak langsung tampil komennya

    Reply
  3. Wacana sosial politik Apalagi yang akan dipublikasikan dan wacana "do problems solving" pemerintah apalagi yg akan dipublikasikan, dalam menangani isu isu sosial dan politik !! Permasalahannya dari dulu begini toh, cuman gak di ekspos media dan dipolitisasi para politikus !! Politikus adalah bukan Jajaran dewan saja atau calon anggota dewan, para pegawai negerilah sebetulnya para politikus harian , masih untung dewan tuh, politikus per setiap 4 atau 5 tahun sekali

    Reply
  4. Nyai Quraisin 02/19 November 21, at 08:24

    Wacana sosial politik Apalagi yang akan dipublikasikan dan wacana "do problems solving" pemerintah apalagi yg akan dipublikasikan, dalam menangani isu isu sosial dan politik !! Permasalahannya dari dulu begini toh, cuman gak di ekspos media dan dipolitisasi para politikus !! Politikus adalah bukan Jajaran dewan saja atau calon anggota dewan, para pegawai negerilah sebetulnya para politikus harian , masih untung dewan tuh, politikus per setiap 4 atau 5 tahun sekali

    Reply
  5. Ryska tyo November 21, at 08:25

    Wacana sosial politik Apalagi yang akan dipublikasikan dan wacana "do problems solving" pemerintah apalagi yg akan dipublikasikan, dalam menangani isu isu sosial dan politik !! Permasalahannya dari dulu begini toh, cuman gak di ekspos media dan dipolitisasi para politikus !! Politikus adalah bukan Jajaran dewan saja atau calon anggota dewan, para pegawai negerilah sebetulnya para politikus harian , masih untung dewan tuh, politikus per setiap 4 atau 5 tahun sekali

    Reply
  6. Ryska Tyo November 21, at 09:26

    Kami rakyat #kotabanjar , akan lebih senang andaikata yang diekspos itu bukan masalah sosia politik, lebih baiknya adalah publikasi rincian anggaran desa/kelurahan, rincian anggaran Per Dinas , rinsian anggaran Dana APBD Kota Banjar dan Rincian Dana Bantuan APBD pemprov dan Kementrian APBN , secara terbuka, transfaran dan berani mempertanggung jawabkannya , biarpun data tersebut masuk data #nonpublik ,,,,

    Reply
  7. Ryska Tyo November 21, at 09:36

    Contoh >> Cobalah cek lebih teliti data penggunaan anggaran kelurahan atau desa pada koperasinya masing masing, anda sepertinya akan tercengang seandainya tahu betul para pengguna uang koperasi kelurahan atau desa ,,,, maaf, kepada pihak yang ditakuti kpoerasi : polisi, ketentaraan, LSM jangan memanfaatkan situasi atau mempolitisinya., kalo dikasih diam, kalo tidak berkoar !? Saya hanya sebatas menyarankan kepada publik untuk lebih membicarakan hal tersebut ketimbang lainnya !?

    Reply
  8. Ryska Tyo November 21, at 09:58

    Sedikit Khawatir > Nama Peminjam siapa ?! Pengguna Uang Siapa ?! Note : cek semuanya dong, kalo bisa datangin nama para peminjam langsung, mungkin akan berkata " sayamah udah tidak pinjam, hehe " !!

    Reply
  9. Ryska Tyo November 21, at 10:03

    Kalo bisa mah "harapan rakyat " ,anda buat kolom khusus berita rincian anggaran kepemerintahan, dari tingkat kota sampai desa/kelurahan, berani tidak !? Kita semua dukung kok !? Tanya saja Rakyat #KotaBanjar, tapi jangan tanya para #pegawaiNegerinya !? Khawatir saling bela nutupin boroknya !?

    Reply
  10. Ryska Tyo November 21, at 10:19

    Dasar sahabat dan rakyat #KotaBanjar, malah nyaranin dan berharap aku yang jadi #walikotaBanjar atau wakil #walikotaBanjar , plis atuh ah jangan begonoh, via email dan #BBM : kalian semua kaya orang yang gak mikir kalo aku yang didukung jadi " Pemimpin Kota Banjar Tercinta "

    Reply

Leave a Reply