Pengerjaan Jembatan Bailey Ciputrapinggan Pangandaran Terkendala Palung Sungai

15/11/2016 0 Comments
Pengerjaan Jembatan Bailey Ciputrapinggan Pangandaran Terkendala Palung Sungai

Proses pengerjaan Jembatan bailey di dekat jembatan Sungai Ciputrapinggan Kabupaten Pangandaran, yang sebelumnya amblas tergerus banjir. Foto: Dokumentasi

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Jembatan bailey atau jembatan darurat yang dibangun di atas jembatan Ciputrapinggan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, yang sebelumnya amblas akibat tergerus banjir, sifatnya hanya sementara. Pasalnya, jembatan bailey yang pondasinya sempat ambruk saat proses pengerjaan, diprediksi akan memakan waktu lama dalam proses pengerjaannya.

Plt Kabid Binamarga Dinas PU, Perhubungan dan Kominfo Kabupaten Pangandaran, Anang Yogaswara, mengatakan, ambruknya pondasi jembatan bailey milik Zipur, saat proses pengerjaan, karena disebabkan kondisi palung (leuwi) sungai yang berada di dekat pondasi.

“Jadi, di dekat pondasi ada palung sungai, sehingga mempersulit proses pengerjaan. Waktu itu proses pengerjaannya harus cepat selesai, membuat pihak rekanan tidak memperhitungkan kondisi palung sungai yang berada di dekat pondasi. Akibatnya, tumpukan batu pondasi ambruk, karena permukaan tanah di bawah sungai tidak stabil akibat adanya palung tersebut,” terangnya, kepada HR Online, Senin (14/11/2016).

Dengan begitu, lanjut Anang, dalam mengerjakan jembatan bailey di lokasi tersebut, dibutuhkan ketelitian dan memakan waktu yang cukup lama. “Makanya, Pak Wabup mengambil inisiatif membangun jembatan bailey di atas jembatan yang amblas. Karena kalau menunggu proses pengerjaan jembatan bailey yang berada di dekat palung, dipastikan waktunya lama,” katanya.

Namun begitu, tambah Anang, jembatan bailey yang berada di dekat palung sungai ditargetkan bisa selesai sebelum memasuki musim liburan natal dan tahun baru.

“Kalau jembatan bailey yang berada di dekat palung itu sudah selesai dikerjakan, maka jembatan bailey yang berada di atas jembatan amblas akan diturunkan kembali,” ujarnya.

Anang mengatakan, pada akhir bulan November, ditargetkan jembatan bailey yang berada di atas jembatan amblas serta jembatan bailey dari bantuan Kementerian PU sudah bisa digunakan untuk akses kendaraan. “Kalau pengerjaan jembatan bailey dari bantuan Kementerian PU, tidak ada masalah. Dan saat ini tengah memasang tiang jembatan. Mudah-mudahan akhir November bisa tuntas dikerjakan,” ujarnya. (Den/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!