Pertigaan Pasar Panawangan Ciamis Rawan Kecelakaan

02/11/2016 0 Comments
Pertigaan Pasar Panawangan Ciamis Rawan Kecelakaan

Pertigaan jalan di wilayah Pasar Tradisional Panawangan rawan kecelakaan dan kerap macet. Para pengguna jalan meminta agar di lokasi tersebut segera dipasangi trafick light. Photo : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pertigaan jalan yang terletak di wilayah Pasar Tradisional Panawangan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, kerap macet dan rawan kecelakaan. Para pengguna jalan meminta pemerintah memasang trafick light di kawasan tersebut.

Dedi (39), pengguna jalan asal Dusun Kondang, Desa Cinyasag, ketika ditemui Koran HR, Selasa (01/11/2016), mengatakan, kondisi pertigaan jalan setiap harinya kerap macet.

Menurut dia, kemacetan terjadi disebabkan banyaknya kendaraan roda dua maupun empat yang keluar masuk, baik dari jalan propinsi maupun dari jalan kabupaten.

Terlebih, kata Dedi, kalau ada mobil angkutan yang sengaja ngetem nunggu penumpang. Untuk menghilangkan dan mengeliminir kecelakaan, sudah selayaknya pertigaan jalan di blok pasar dipasangi trafick light. 

Maman, pengguna jalan lainnya, menjelaskan, trafick light merupakan lampu yang digunakan untuk mengatur kelancaran lalu lintas di suatu persimpangan jalan, dengan cara memberi kesempatan pengguna jalan dari masing-masing arah untuk berjalan secara bergantian.

Adanya permintaan untuk dipasang lampu lalu lintas merupakan hal yang patut untuk diapresiasi. Sebab, trafick light berfungsi memfasilitasi persimpangan antara jalan utama untuk kendaraan dan pejalan kaki dengan jalan skunder sehingga kelancaran arus lalulintas dapat terjamin.

Hasan, warga Dusun Cibogor, mengatakan, kemacetan yang kerap terjadi dipicu karena volume kendaraan sangat tinggi. Selain banyak kendaraan yang melintas di  jalan propinsi, akses jalan kabupaten yang menuju Kawunglarang Kecamtan Rancah, setiap harinya ramai dilalui kendaraan.

Terlebih, dilokasi tersebut banyak keluar masuk orang yang pulang berbelanja dari pasar. Untuk mengelminir kemacetan dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan, sebelum dipasang lampu trafick light, di lokasi tersebut alangkah baiknya ada petugas khusus yang mengatur arus lalu lintas. (Dji/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!