Petani di Pangandaran Enggan Menanam, Ini Sebabnya

05/11/2016 0 Comments
Petani di Pangandaran Enggan Menanam, Ini Sebabnya

Kondisi areal pesawahan di Blok Liposos, Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Photo: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kondisi banjir yang menggenang pesawahan milik petani di Blok Liposos, Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, kini sudah berangsur surut dan sawah terlihat normal, namun para petani belum tampak melakukan aktifitas.

“Saya tidak mau terburu-buru menggarap sawah karena saya belajar dari tahun kemarin,” ujar Maman, salah satu pemilik sawah di Blok Liposos, kepada HR Online, Jum’at (04/11/2016).

Ia menjelaskan, saat banjir sudah surut pada tahun sebelumnya, para petani beramai-ramai menggarap. Namun, setelah satu bulan, cuaca kembali memburuk dan banjir terjadi lagi.

“Jelas kalau belum benar-benar normal cuacanya, kita belum berani menanam padi. Soalnya, tahun lalu banyak tanaman padi yang membusuk dan mati sehingga banyak yang merugi,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Dedi, warga Padaherang. Menurutnya, kondisi saat ini tidak menentu sehingga membuat hampir seluruh petani memilih menunggu cuaca normal kembali.

“Menginggat kondisi curah hujan masih tinggi, terutama di hulu Sungai Citanduy serta di daerah pegunungan masih tinggi intensitas airnya yang masuk ke areal pesawahan, sehingga kerap menyababkan banjir,” kata Dedi. (Ntang/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!