Pondasi Jembatan Bailey Ambrol, Ketua DPRD Pangandaran Marah

24/11/2016 0 Comments
Pondasi Jembatan Bailey Ambrol, Ketua DPRD Pangandaran Marah

Ketua DPRD Pangandaran, Iwan M Ridwan, saat di lokasi Jembatan Bailey. Photo: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Baru berusia satu hari setelah dibuka secara resmi pada Rabu (23/11/2016), satu Jembatan Bailey di Pangandaran yang sebelumnya mengalami ambruk pada bagian pondasi jembatan ternyata kembali terulang setelah intensitas air di sungai meningkat usai diguyur hujan pada Rabu (23/11/2016) hingga malan hari.

Mendengar kejadian tersebut, ketua DPRD Pangandaran, Iwan M Ridwan, langsung meninjau lokasi jembatan yang kini salah satunya masih ditutup untuk umum.

“Siapa yang menjamin 10 ton bisa dipakai? Siapa yang menjamin jika ada yang celaka? Saya belum bisa berkomentar lah, enek saya,” ucap Iwan dengan nada emosi saat dimintai keterangan oleh HR Online, Kamis (24/11/2016).

Namun, setelah Iwan meminta penjelasan dari pihak pemborong dan mengecek semua bagian jembatan, Iwan menegaskan bahwa meksi kejadian tersebut salah satunya disebabkan oleh faktor alam, namun dia sebagai wakil rakyat Pangandaran mempertanyakan perencanaan yang kurang benar.

“Kecewa jelas kecewa. Masyarakat Pangandaran menunggu terlalu lama. Padahal ini sudah selesai dan sudah dibuka untuk umum,” tegasnya.

Terkait jaminan bila ada yang mengalami kecelakaan, Iwan awalnya sempat mencecar kepada sejumlah pihak, akhirnya ia menyampaikan semua akan ditanggung oleh Kementrian PUPR.

“Jika jembatan tersebut bisa dilalui dengan muatan maksimal berat 10 ton, tentu perlu melalui kajian yang matang. Jangan sampai kalau ada kecelakaan, lagi-lagi pemerintah daerah yang bertanggung jawab, padahal ini pekerjaan Kementrian PUPR,” tandasnya.

Iwan berharap, Kementrian PUPR agar perencanaan jembatan tersebut diperhitungkan secara matang. “Semua kemungkinan yang berkaitan dengan jembatan mulai debit air, kecepatan air dan sebagainya harus matang,” pungkasnya. (Ntang/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!