Ratusan Rumah Tiga Desa di Banjarsari Ciamis Terendam Banjir

24/11/2016 0 Comments
Ratusan Rumah Tiga Desa di Banjarsari Ciamis Terendam Banjir

Banjjir yang merendam wilayah di Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, akibat hujan deras yang terjadi Rabu (23/11/2016). Photo : Suherman/HR.

Berita Banjar, (harapanrakuat.com),-

Hujan deras yang terjadi Rabu (23/11/2016), mengakibatkan sedikitnya ratusan rumah di tiga desa yang ada di wilayah Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terendam banjir.

Camat Banjarsari, Nandang saat dihubungi HR Online, Kamis (24/11/206) mengatakan, tiga desa di Kecamatan Banjarsari yang terkena banjir diantaranya, Desa Ciherang, Desa Ratawangi dan Desa Sukasari.

Nandang mengungkapkan, banjir kali ini bersumber dari luapan anak sungai yang tidak mampu menampung debit air. “Air banjir juga sempat masuk ke dalam rumah,” ungkapnya.

Selain luapan air dari beberapa anak sungai yang berada di Kecamatan Banjarsari, buruknya saluran drinase juga menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir, yang selama ini terus menghantui warga di tiga desa.

Seperti dikatakan Didu, warga Dusun Cibadak Desa Ciherang. Menurutnya, banjir tersebut diakibatkan oleh buruknya saluran drainase di sepanjang jalan provinsi yang menghubungkan Banjarsari-Pangandaran.

“Di sepanjang jalan Banjarsari tepatnya komplek pom bensin Ciherang, semua saluran drainasenya mampet dan sama sekali tidak berfungsi,” ucapnya kepada HR Online, Kamis (24/11/2016).

Jadi, lanjutnya, air hujan yang deras tidak bisa cepat keluar, yang akhirnya meluap ke perumahan warga.

“Saya berharap, pemerintah secepatnya ambil langkah dan jangan hanya sebatas kunjungan-kunjungan saja. Namun aspirasi dan keluhan kami selaku masyarakat didengar dan diperhatikan” ujarnya.

Pantauan HR Online di lapangan, hingga siang ini, air banjir di tiga desa tersebut masih belum surut, dan ratusan rumah masih tergenang air. (Suherman/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!