Sawah Terancam Banjir, Curah Hujan di 2 Kecamatan Ciamis Ini Diprediksi Tinggi

07/11/2016 0 Comments
Sawah Terancam Banjir, Curah Hujan di 2 Kecamatan Ciamis Ini Diprediksi Tinggi

Ilustrasi Sawah Banjir. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis, Kustini, mengatakan, dari laporan BMKG yang diterimanya, dilaporkan bahwa diprediksi akan terjadi curah hujan dengan intensitas tinggi di dua kecamatan, yakni Kecamatan Rancah dan Kecamatan Lakbok pada sepanjang bulan November.

“Kami sudah menyampaikan informasi tersebut kepada petani di Rancah dan Lakbok agar melakukan pembersihan sampah pada irigasi dan saluran air. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir apabila curah hujan di daerah tersebut di atas normal,” ujarnya, kepada Koran HR, pekan lalu.

Sementara itu, meski hektaran areal persawahan di Kecamatan Banjarsari, Banjaranyar, Pamarican dan Purwadadi, terendam akibat banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu, namun tidak menimbulkan kerugian. Karena, menurutnya, saat terjadi banjir, belum memasuki masa tanam padi.

“Setelah kami cek ke lapangan, tidak ada kerugian material akibat banjir. Kalau pun ada kerugian, hanya keterlambatan waktu musim tanam saja. Karena setelah areal sawahnya terendam banjir, para petani memilih memundurkan masa tanam padi, karena khawatir terjadi banjir kembali menyusul curah hujun yang masih tinggi,” ujar Kustini. (Bgj/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!