Seni Ronggeng Gunung Ciamis Bakal Diangkat ke Layar Kaca

18/11/2016 0 Comments
Seni Ronggeng Gunung Ciamis Bakal Diangkat ke Layar Kaca

“Ronggeng Gunung”, kesenian buhun asal Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rencananya akan diangkat ke layar kaca, dengan kategori film dokumenter, oleh Sutradara Nasional, Bambang Sujati, dari TV Edukasi Pustekkom Kemendikbud. Photo : Andri S Hamara/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ronggeng Gunung, kesenian buhun asal Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rencananya akan diangkat ke layar kaca, dengan kategori film dokumenter, oleh Sutradara Nasional, Bambang Sujati, dari TV Edukasi Pustekkom Kemendikbud.

Ketika ditemui Koran HR, belum lama ini, Bambang membenarkan, dirinya bersama kru sengaja datang ke Ciamis untuk menggarap film dokumenter tentang tradisi asli nusantara, yakni kesenian Ronggeng Gunung.

Bambang menuturkan, film dokumenter yang diberi bertema Tradisi Asli Nusantara akan mengangkat soal perjalanan Seni Ronggeng Gunung sekaligus peranan Bi Raspi sebagai pelaku kesenian tersebut.

“Kesenian Ronggeng Gunung merupakan kesenian rakyat dan kesenian buhun yang harus dipertahankan keberadannya. Jangan sampai kesenian ini punah dan terkalahkan oleh kesenian-kesenian modern,” kata Bambang.

Senada dengan itu, Asisten Sutradara, Hendro Setyatmoko, ketika ditemui Koran HR, menyebutkan, Bambang sangat tertarik dengan cerita dan Kesenian Ronggeng Gunung asal Kabupaten Ciamis.

“Sebelumnya, Bambang mendengar tentang kesenian ini dari cerita orang–orang dan media. Bkemudian mencari tempat dan alamatnya. Dan Allamdulilah kita sampai disini, di Sanggar Panggugah Rasa yang dikelola Bi Raspi,” kata Hendro.

Di tempat yang sama, Bi Raspi, kepada Koran HR, mengaku sangat bersyukur, Kesenian Ronggeng Gunung yang selama ini dia jaga dan lestarikan akan segera diangkat ke layar kaca. Setelah ditayangkan di televisi, Bi Raspi berharap kesenian Ronggeng Gunung lebih dikenal masyarakat.

“Karena mengandung sejarah, jadi kesenian ronggeng gunung ini harus benar-benar dilestarikan dan dikembangkan. Jangan sampai punah dan jangan sampai anak cucu kita tidak kesenian daerahnya sendiri,” katanya.

Sementara itu, Kasi Perfilman dan Kesenian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdibud) Kabupaten Ciamis, Dedi Kusmana, mengapresiasi upaya Sutradara Bambang Sujati bersama kru dari TV Edukasi yang ingin mengangkat Kesenian Ronggeng Gunung sebagai film dokumenter. (Andri/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!