Soal Pembangunan Gedung Belum Selesai, DCKKTR Ciamis: Jangan Salah Persepsi!

23/11/2016 0 Comments
Soal Pembangunan Gedung Belum Selesai, DCKKTR Ciamis: Jangan Salah Persepsi!

Gedung Kantor Dihubkominfo Ciamis dengan nilai kontrak Rp. 6.742.066.000. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekretaris Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang (DCKKTR) Kabupaten Ciamis, Andang Firman Triyadi, MT, menegaskan bahwa sejumlah pembangunan infrastruktur di Kabupaten Ciamis masih terus digarap dan berlanjut hingga tahun anggaran baru.

Andang berharap masyarakat tidak salah dalam memberikan penilaian atau persepsi, berkaitan dengan sejumlah program pembangunan yang tidak selesai pada tahun anggaran 2016. Menurut dia, ada sejumlah pembangunan infrastruktur yang memang dilaksanakan dalam beberapa tahapan.

“Jadi jangan salah persepsi ketika bangunan tidak selesai. Harus dilihat dulu tahapan pembangunannya seperti apa, baru setelah itu bisa tahu kenapa pekerjaan itu tidak selesai,” kata Andang, kepada Koran HR, pekan lalu.

Lebih jauh, Andang mengulas soal pembangunan fasilitas olahraga lapang atletik. Menurut dia, pada tahap satu, pengerjaan dilakukan sampai pengecoran lintasan (trek lari). Sementara sarana penunjang lainnya dikerjakan pada tahapan lanjutan. Karena pembangunan lapang atletik sendiri dilakukan dalam tiga tahap.

Selanjutnya, kata Andang, pembangunan Gedung Kantor Dinas Perhubungan yang dilakukan melalui dua tahapan anggaran. Pada tahap anggaran pertama, pekerjaan pembangunan gedung Dishub tersebut hanya sampai gedung itu tertutupi atap.

Kemudian, sepertihalnya gedung Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), pembangunan Gedung Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) dapat diselesaikan pada tahap pertama. Namun fasilitas Aula Gedung Diklat BKDD, masih akan dilanjutkan pada tahapan kedua tahun anggaran baru.

“Selain membangun sarana perkantoran pemerintah dan sarana olahraga, kami juga membangun dan menganggarkan untuk program di desa, yaitu sarana prasarana air bersih, berupa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), pembangunan MCK, jalan lingkungan, penataan Tempat Pemakaman Umum (TPU) dan penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan taman kota,” katanya.

Andang menambahkan, program pembangunan yang dilaksanakan DCKKTR Kabupaten Ciamis tidak hanya berhenti disitu, tapi akan terus berkelanjutan. Diantaranya seperti pembangunan sarana prasarana air bersih yang masih terus dijalankan sampai semua desa mendapatkannya.

“Untuk SPAM, kami fokus dan memprioritaskan desa yang belum mendapatkannya. Dengan begitu, semua masyarakat di desa bisa merasakan manfaat dari program SPAM,” katanya.

Senada dengan itu, Kepala DCKKTR Kabupaten Ciamis, H. Oman Rohman, membenarkan, sejumlah agenda pembangunan tidak hanya selesai dikerjakan melalui satu tahapan. Ada beberapa agenda pembangunan yang memang ditempuh melalui dua sampai empat tahapan anggaran.

Oman memastikan, semua agenda pembangunan infrastruktur dan fasilitas lainnya dikerjakan oleh pihak ketiga. Selain itu, anggaran yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur tersebut sudah sesuai dengan rincian pekerjaan. (es/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!