Tebing Jalan Berpotensi Longsor, Warga Ciamis Minta Pemkab Segera Bangun TPT

14/11/2016 0 Comments
Tebing Jalan Berpotensi Longsor, Warga Ciamis Minta Pemkab Segera Bangun TPT

Photo: Ilustrasi net/ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tebing jalan kabupaten setinggi 5 meter dan panjang 250 meter, di Dusun Parungsari, Desa Rawa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Provinsi jawa Barat, berpotensi longsor. Warga menuntut Pemerintah Kabupaten Ciamis segera membuat Tembok Penahan Tebing (TPT).

Ketua RT setempat, Anas, ketika ditemui Koran HR, Senin (07/11/2016) lalu, mengaku khawatir tebing jalan yang berada di wilayah Dusun Parungsari longsor. Alasannya karena setiap hujan erosi terus terjadi. Bahkan kini, tanah dari tebing yang tergerus air tersebut sudah menutupi saluran/ drainase di bawahnya.

Ateng, tokoh pemuda setempat, mengatakan, gara-gara belum ada perhatian dari pihak pemerintah, warga membuat tulisan dan spanduk bernada protes. Intinya, warga mendesak pemerintah agar titik rawan longsor itu dibuatkan TPT.

“Entah apa penyebabnya hingga saat ini belum ada kepastian. Padahal bila terjadi, longsor akan menutup akses jalan dan mengancam rumah warga yang ada di sekitarnya,” kata Ateng.

Jajat, warga lainnya, menambahkan, bila hujan terjadi pada malam hari, warga yang tinggal di sekitar bawah tebing selalu dihantui rasa was-was. Meraka takut tebing itu tiba-tiba longsor dan menimpa rumah.

Kepala Dusun Parungsari, Kurniawan, menjelaskan, tebing jalan yang berada di wilayah Dusun Paarungsari merupakan tebing jalan kabupaten. Tebing dengan ketinggian 5 meter dan panjang 250 meter itu memang berpotensi longsor.

“Ketinggian tebing yang cukup exstrim menjadi ancaman serius. Warga yang tinggal di dekat tebing harus selalu waspada. Sebab, bisa saja tebing itu tiba-tiba longsor” katanya. (Dji/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!