Tingkatkan Validitas Data JKN-KIS, BPJS Kesehatan Gandeng Disdukcapil Banjar

17/11/2016 0 Comments
Tingkatkan Validitas Data JKN-KIS, BPJS Kesehatan Gandeng Disdukcapil Banjar

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) BPJS Kesehatan Cabang Banjar dan Disdukcapil Banjar di RM. Riung Saung, Jalan Raya Ciamis-Pangandaran. Photo: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- 

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Banjar terus meningkatkan upaya validitas data kepesertaan JKN dan KIS melalui kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjar.

Dalam kerjamasa tersebut, Kepala BPJS Cabang Banjar, Drs. Wawan Nawawi M.HP, MM, dan Drs. H. Entus, MM, sekretaris Disdukcapil Banjar, melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang bertempat di RM. Riung Saung, Jalan Raya Ciamis-Pangandaran pada 15 November 2016 lalu.

“Kerjasama ini dilakukan sesuai dengan PP No 85 tahun 2013 tentang Tata Cara Hubungan Antar Lembaga Badan Penyelenggara Jaminan Sosial,” kata Wawan kepada HR Online.

Sementara itu, Wawan menjelaskan bahwa ruang lingkup perjanjian tersebut meliputi penyelesaian validasi data peserta dan calon peserta JKN-KIS yang terkait dengan kelengkapan serta kebenaran Nomor lnduk Kependudukan (NIK) peserta.

Disisi lain, lanjut Wawan, pihaknya juga berkomitmen meningkatkan kesadaran dan kepatuhan warga masyarakat Kota Banjar untuk tertib administrasi kependudukan melalui kepemilikan NIK dan meningkatkan kesadaran wajib lapor masyarakat terhadap adanya perubahan data penduduk.

“Sesuai amanat UU 24 tahun 2011, kepesertaan bersifat wajib. Jadi perlu peran lembaga pemerintah untuk mendorong seluruh lapisan masyarakat agar program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sukses,” tuturnya.

Wawan berharap, calon peserta yang akan mendaftar program JKN di Banjar akan lebih mudah serta BPJS bisa membantu pihak Pemkot Banjar dalam mendorong warganya agar memiliki E-KTP. “Jadi kita sama-sama saling menguntungkan dalam upaya membantu dan meringankan masyarakat,” pungkasnya. (Nanks/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!