Touchscreen Smartphone Tidak Berfungsi? Ini Tips Mengatasinya

02/11/2016 0 Comments
Touchscreen Smartphone Tidak Berfungsi? Ini Tips Mengatasinya

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Smartphone saat ini bukan hanya digunakan untuk sekedar menelepon atau berselanar di dunia maya saja, melainkan sudah merambah untuk bermain gim baik gim dua dimensi atau tiga dimensi.

Seringnya smartphone Anda digunakan setiap hari, pasti sewaktu-waktu akan mengalami masalah atau kendala. Salah satu masalah yang sering yaitu pada touchscreen atau layar sentuh, baik macet atau tidak berfungsi atau juga sensitif yang kurang.

Pasalnya, ponsel jaman dulu masih memisahkan antara keypad dengan layar. Sedangkan ponsel zaman sekarang sudah menjadi satu keypad dengan layar. Sehingga, karena mempunyai fungsi yang penting, touchscreen pada smartphone pun sering menghadapi kedala.   

Nah HR Online meringkas tips untuk menanggulangi kendala tersebut, seperti yang diambil dari Joy of Android.

# Bersihkan memory RAM

Menggunakan aplikasi atau gim berlebihan akan menyebabkan RAM pada perangkat cepat penuh. Sehingga kerja smartphone menjadi lamban karena kelebihan beban, akibatnya perangkat menjadi macet. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan menghapus canche atau riwayat aplikasi atau gim. Jika perlu hapus gim yang dirasa jarang bahkan tidak pernah dimainkan.

# Kalibrasi

Kalibrasi pada smarthone merupakan aplikasi untuk menyesuaikan layar sentuh dengan sentuhan. Jika Anda belum tahu letak kalibrasi, untuk android dapat ditemukan pada opsi atau fitur pengaturan, atau bisa cari di buku panduan ponsel pintar milik Anda.

# Rubah Launcher

Hapus launcher yang menggunakan efek atau animasi berat. Karena sama dengan penggunaan aplikasi yang berat, launcher bergerak juga memakan memory RAM yang banyak. Jika ingin memakai wallpaperm, sebaiknya juga pakai yang tidak bergerak.

# Restart Smartphone

Jika cara di atas masih mengalami kendala, coba matikan atau restat smartphone tersebut. Tunggu beberapa detik untuk menghidupkan kembali. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!