Upen Berharap Angklung Elektrik Panjalu Bisa Dikenal Jadi Alat Musik Khas Ciamis

17/11/2016 0 Comments
Upen Berharap Angklung Elektrik Panjalu Bisa Dikenal Jadi Alat Musik Khas Ciamis

Grup Musik Tradisional Dugkul Angklek Panjalu, berhasil menyulap alat musik tradisional menjadi alat musik elektrik layaknya seperti organ. Foto: Tantan Mulyana/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Meski bukan yang pertama menciptakan alat musik Angklung Elektrik, namun hasil karya Angklung Elektrik buatan Grup Musik Tradisional Dugkul Angklek Panjalu, berbeda dari yang lain. Angklung Elektrik atau biasa disebut Angklek Panjalu ini diciptakan untuk menggantikan suara melodi alat musik organ/keyboard. Maka tak heran, suara Angklek Panjalu pun suaranya sudah mirip organ.

Pimpinan Grup Musik Tradisional Dugkul Angklek Panjalu, Upen Suhendar, mengatakan, untuk biaya membuat satu unit Angklek, ditaksir menghabiskan dana sekitar Rp. 3,5 juta. Dana tersebut murni dari seluruh personil Dogkul secara sukarela. [Berita Terkait: Buat Terobosan, Grup Musik Asal Panjalu Ciamis Ini Ciptakan Angklung Elektrik]

“Hingga terciptanya alat musik ini, tidak ada dukungan dari siapa pun. Ini murni hasil kerja keras seluruh personil kami,”ucapnya, kepada Koran HR, Selasa (15/11/2016).

Upen berharap alat musik Angklek ini bisa dipromosikan ke luar daerah dan nantinya bisa dikenal sebagai alat musik khas Kabupaten Ciamis. Menurutnya, upaya pihaknya memodifikasi alat musik tradisional menjadi alat musik modern, diharapkan bisa diterima oleh masyarakat luas. Terlebih, ketika alat musik tersebut sudah dikenal luas, bisa menjadi media untuk mengharumkan nama Kabupaten Ciamis di tingkat nasional.

“Kami berharap ada dukungan dari Pemerintah Daerah untuk mendukung langkah kami, terutama bisa membantu dari segi permodalan,”katanya. (Tantan/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!