Waduh! Pernikahan Usia Dini di Pangandaran Tertinggi Se-Jawa Barat

Waduh! Pernikahan Usia Dini di Pangandaran Tertinggi Se-Jawa Barat

Pernikahan Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat mencatat angka pernikahan usia dini di Kabupaten Pangandaran sangat tinggi. Hal tersebut berdasarkan kajian yang dilakukan pada tahun 2015.

Iman Hikmat, perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, mengatakan, tingginya angka pernikahan usia dini di Pangandaran jika tetap dipertahankan maka akan menimbulkan efek tingginya angka perceraian.

“Usia ideal perempuan menikah adalah umur 21 tahun. Jika masih banyak yang berumur 18 tahun sudah menikah, maka kami khawatir dengan kesehatan reproduksi umur tersebut yang masih dibawah standar,” katanya saat membuka Jumbara KB di Pangandaran, pekan lalu.

Selain itu, Iman juga mengungkapkan angka kelahiran tertinggi di Jawa Barat ditempati oleh Kabupaten Ciamis. Sedangkan untuk wilayah yang menduduki peringkat janda terbanyak adalah Indramayu.

“Kami yakin predikat tersebut adalah dampak pemahaman masyarakat soal berkeluarga yang masih kurang,” tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata mengatakan kepada masyarakat agar bisa terus menjaga keharmonisan rumah tangga. Sebab, kata Jeje, keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat yang sangat berpengaruh pada tatanan sosial. (Mad/R6/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles