Warga Balemoyan Ciamis Berharap Sarana Penampungan Air

17/11/2016 0 Comments
Warga Balemoyan Ciamis Berharap Sarana Penampungan Air

Sumur yang dimanfaatkan oleh warga RT 06/01 Dusun Balemoyan Desa Mekarjaya Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, untuk untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari. Photo : Eli Suherli/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Warga RT 06/01 Dusun Balemoyan Desa Mekarjaya Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, berharap agar pemerintah segera membuat sistem penyediaan air minum (SPAM), untuk menampung air sumur yang digunakan warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari.

“Saya harap Pemkab Ciamis bisa membantu untuk membuatkan SPAM yang memang sangat dibutuhkan. Karena, sumur ini menjadi kebutuhan warga dalam ketersediaan air bersih setiap hari, baik untuk minum maupun kebutuhan lainnya,” ujar Ketua RT 06/01, Herawan, Kamis (17/11/2016).

Sehingga, lanjutnya, dengan adanya penampungan air tersebut nantinya bisa dialirkan ke setiap rumah warga. Dengan begitu warga yang membutuhkan air tidak berebut mendapatkan air bersih.

Menurut Herawan, keberadaan sumur yang berusia 50 tahun lebih itu sangat membantu. Pasalnya, semua warganya mengambil air bersih dari satu sumur yang saat ini di salome (satu lobang rame-rame.red) setiap harinya, dan meski diambil airnya setiap hari sumur itu tidak pernah kering airnya.

“Semua warga kami yang jumlahnya 29 Kepala Keluarga memperoleh air bersih untuk keperluan minum mengambil dari sumur itu. Bahkan musim kemarau panjang juga sumur itu masih bisa menyimpan air banyak, sehingga warga tidak pernah kekurangan,” ungkapnya.

Herawan menambahkan, dalam pengambilan airnya juga ada yang menggunakan mesin pompa air yang langsung ke rumah. Bahkan dari pantauan HR Online, ada juga warga yang ambil langsung dari sumur menggunakan ember. (Es/R5/HR-Online) 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!