Warga Karyamukti Banjar Mengeluh, Longsoran Belum Ditangani

17/11/2016 0 Comments
Warga Karyamukti Banjar Mengeluh, Longsoran Belum Ditangani

Akses jalan di Dusun Sukaharja, Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, tampak masih tertutup material longsoran yang terjadi satu bulan lalu. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Warga Dusun Sukaharja, RT/RW.5/6, Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, mengeluhkan belum adanya perbaikan yang dilakukan Pemerintah Kota Banjar, pasca terjadinya bukit longsor di wilayahnya satu bulan lalu.

Saat ditemui Koran HR, Selasa (15/11/2016) lalu, Yusuf (50), salah seorang warga setempat, mengatakan, musibah longsor terjadi sebulan yang lalu, namun hingga kini belum ada penanganan perbaikan, terutama akses jalan yang tertimbun longsoran.

Hal serupa dikatakan Dayat (48), warga lainnya. Dia mengaku khawatir dan takut terjadi bencana longsor susulan, mengingat saat ini memasuki musim penghujan. Dirinya berharap pemerintah kota cepat mengambil tindakan, karena material longsoran masih menutupi akses jalan kampung yang menghubungkan Dusun Sukaharja dengan Dusun Cigadung.

“Jelas sangat khawatir, apalagi sekarang musim hujan, saya dan warga di sini takut terjadi longsor yang lebih besar, ditambah akses jalan kan tertutup longsoran. Kalau mau mengantar anak sekolah harus memutar jalan lebih jauh,” ungkap Dayat.

Selain di Dusun Sukaharja, akses jalan di Dusun Cigadung, tepatnya di RT/RW.1/3, Desa Karyamukti, juga patah menjadi tiga bagian. Patahnya jalan bersamaan dengan terjadinya bencana lonsor di Dusun Sukaharja.

Menurut Hadri (50), warga setempat, bahwa jalan tersebut patah terjadi saat hujan deras. Akses penghubung antara Curugtaneuh dengan Cigadung ini mengalami patah hingga kedalaman 30 centimeter.

“Karena banyak korban yang terjatuh dari sepeda motor, kemudian saya mengurugnya dengan tanah. Setiap hujan deras saya juga selalu cemas, apalagi rumah saya kan berada di bawah, dan tanah di sini seperti bergerak,” tutur Hadri.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Karyamukti, Ajat Sudrajat, mengatakan, Pemkot Banjar akan membuat jalan di atas tanah longsoran dengan cara dicor. Namun, untuk sementara ini menunggu sampai tanah yang menutupi jalan tersebut keras dulu.

“Pemkot Banjar melalui instansi terkaitnya sudah meninjau ke lokasi longsoran, dan untuk ke depannya akan dibangun jalan di atas tanah longsoran itu,” terang Ajat. (Hermanto/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!