Antisipasi Banjir, Warga Pangandaran Perbaiki Tanggul

01/12/2016 0 Comments
Antisipasi Banjir, Warga Pangandaran Perbaiki Tanggul

Masyarakat Desa Sukanagara, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, saat gotong royong memasang bambu di pinggir sungai yang tanggulnya hampir jebol. Photo: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Ratusan masyarakat Desa Sukanagara, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, bahu-membahu memasang pancang dari bambu dan pohon kelapa untuk mengatasi meluasnya tanggul sungai yang hampir jebol, Rabu (30/11/2016).

Nasir, tokoh masyarakat sekitar, mengatakan, masyarakat sekitar khawatir tanggul yang kini hampir jebol tersebut akan semakin parah. Soalnya, bila aliran sungai semakin deras akan berdampak banjir besar yang melanda Desa Sukanagara.

“Kami bekerja secara bergilir. Tiap kampung saling bergantian bergotong royong untuk mengatasi tergerusnya tanggul sungai yang rawan Jebol akibat debit air kiriman dari Sungai Citanduy sangat besar,” kata Nasir kepada HR Online.

Lebih lanjut, Nasir menjelaskan pemasangan menggunakan bambu dan pohon kelapa tersebut nantinya akan ditimpa dengan batu dan tanah yang sudah dibungkus dengan karung.

“Kalau menunggu pemerintah lama. Apalagi kedalaman yang mencapai 5 meter dan panjang 10 meter ini membuat orang merinding saat melihatnya, karena ketika dibiarkan bencana sudah jelas menanti saat air semakin deras dan hujan turun terus,” pungkasnya.

Dari pantauan HR Online, masyarakat Desa Sukanagara dalam mengantisipasi bencana tersebut sangat antusias. Meski menggunakan teknik tradisional serta alat seadanya, mereka tak henti-hentinya bekerja memasangkan bambu yang berada pada pusaran arus air di bagian tanggul yang hampir jebol. (Madlani/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!