Lagi, Tanggul di Pangandaran Ambrol

02/12/2016 0 Comments
Lagi, Tanggul di Pangandaran Ambrol

Tanggul ambrol yang terletak di Desa Kertajaya, Kecamatan Mangunjara, Kabupaten Pangandaran. Photo: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Derasnya aliran Sungai Citanduy akibat guyuran hujan yang terjadi akhir-akhir ini membuat gelisah masyarakat Pangandaran. Pasalnya, selain meluap yang menyebabkan banjir, sejumlah tanggul pun mengalami ambrol.

Sueb, Kesra Desa Sukanagara, Kecamatan Padaherang, mengatakan, tanggul yang hampir jebol di wilayah Dusun Sukajadi, Desa Sukanagara, membuat ribuan warga bahu-membahu untuk mengatasi agar tanggul tidak jebol dengan memasang bambu serta pohon kelapa untuk menahan tumpukan tanah dalam karung.

“Jika tanggulnya jebol otomatis ribuan warga kami diterjang banjir. Maka dari itu mereka antusias sekali untung membuat penahan agar tidak meluas longsoran tanggulnya,” kata Sueb kepada HR Online, Kamis (01/12/2016).

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pangandaran, Nana Ruhena, mengungkapkan bahwa tanggul yang longsor akibat derasnya aliran Sungai Citanduy bukan hanya terjadi di Desa Sukanagara saja. Akan tetapi di wilayah Desa Kertajaya, Kecamatan Mangunjaya, juga mengalami hal serupa.

“Untuk kondisi tanggul yang di Desa Sukanagara sudah diketahui Bupati dan beliau sudah memberikan arahan serta memberikan bantuan untuk memperbaiki tanggulnya. Saat ini, BPBD sudah menempatkan beberapa petugas dari FKDM baik dari Desa Kertajaya maupun Sukanagara untuk memantau perkemabangan kondisi tanggul,” kata Nana saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler. (Ntang/R6/HR-Online)

Berita Terkait

Antisipasi Banjir, Warga Pangandaran Perbaiki Tanggul

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!