Peringati Hari AIDS, Mahasiswa Unigal Ciamis Gelar Long March

02/12/2016 0 Comments
Peringati Hari AIDS, Mahasiswa Unigal Ciamis Gelar Long March

Long march mahasiswa Unigal pada peringatan Hari AIDs Sedunia di Alun-alun Ciamis. Photo: Tantan/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis menggelar aksi long march dari kampus hingga Alun-alun Ciamis pada peringatan Hari AIDS Sedunia, (01/12/2016).

“Kami sebagai mahasiswa sangat peduli terhadap orang yang terserang virus yang sangat membahayakan. Sampai saat ini belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut,” kata Dea, salah satu mahasiswa Unigal, kepada HR Online. 

Menurutnya, selain melakukan aksi long march, sejumlah mahasiswa dan lembaga juga menyampaikan beberapa orasi pada kesempatan mimbar bebas di Alun-alun Ciamis.

Ditempat yang sama, koordinator Ciamis Care Support, Yogi Firmansyah, mengatakan apresisasi kepada sejumlah kalangan yang peduli terhadap peringatan tersebut, khususnya kepada Pemkab Ciamis dan mahasiswa Unigal yang telah konsisten mengikuti kegiatan tersebut tiap tahun.

“Kami inginkan bukan hanya terlibat dalam kegiatan formalitas saja, apalagi pemerintah. Mereka harus lebih memperhatikan persoalan HIV, terutama Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA),” katanya.

Menurut Yogi, meski anggaran penanggulangan HIV/AIDS meningkat, namun ia sangsi dengan alokasi serta penggunaannya. Sebab, dirinya bersama Kelompok Dampingan Sebaya (KDS) atau komunitas ODHA serta para pegiat HIV/AIDS hanya dilibatkan dalam kegiatan seremonial saja. Padahal, permasalahan tersebut perlu ditangani serius, komperhensif dan berkesinambungan.

“Jadi, kita harap pemerintah bisa melakukan langkah yang tepat agar sesuai dengan sasaran. Tentunya juga mereka tidak bergerak sendiri,” pungkasnya. (Tantan/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!