Awas, Jangan Simpan 7 Makanan Ini Dalam Kulkas!

09/01/2017 0 Comments
Awas, Jangan Simpan 7 Makanan Ini Dalam Kulkas!

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Kulkas atau lemari es dianggap sebagai surga terindah untuk semua makanan yang ada agar awet. Tapi ternyata ada beberapa makanan yang tak boleh disimpan di lemari es karena justru dapat membuatnya cepat layu, busuk, bau tidak sedap, bahkan bisa mengurangi nilai gizinya.

Lantas, makanan apa saja yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas? Berikut ini daftar makanan dan penjelasannya.

Kopi.

Sebaiknya jangan menyimpan kopi di dalam kulkas dalam bentuk butiran. Sebab kopi mempunyai keistimewaan, yakni bisa mengambil semua aroma yang ada di sekelilingnya. Kopi akan menyerap bau tak sedap tapi tidak dapat memilih aroma mana yang diserap. Kalau Anda menyimpan sayuran atau buah supaya tetap segar di dalam kulkas yang berisi kopi, maka kesegaran dan aroma buah tersebut akan hilang. Selain itu, rasanya pun tentu saja berbeda, baik rasa dari sayuran maupun kopi itu sendiri.

Tomat.

Banyak orang tak paham dan memasukkan tomat ke dalam lemari es. Memang tidak masalah. Yang jadi masalah kalau Anda menyimpan tomat dalam suhu yang sangat dingin hingga memungkinkan tomat kehilangan tekstur dan membuatnya jadi lembek.

Bawang Merah.

Sebetulnya Anda tidak harus menyimpan bawang merah di kulkas karena jenis sayuran ini cenderung menjadi sangat berjamur bila dibiarkan di kulkas terlalu lama. Kemudian, jika Anda memotong bawang merah lalu menyimpannya di kulkas, maka lapisan terluarnya akan mulai mengering. Selain itu, bawang merah juga akan mempengaruhi aroma makanan lainnya yang disimpan di kulkas.

Pisang.

Buah yang satu ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat. Namun, bila disimpan di lemari es dapat membuat pisang jadi terlalu matang dan lembek. Tentu rasa dan tekstur pun akan berubah. Menyimpan pisang di dalam kulkas juga dapat membuat pisang kehilangan nilai gizi.

Madu.

Apakah Anda sudah tahu, bahwa setoples madu bisa bertahan selama 10.000 tahun jika tidak disimpan di lemari es. Untuk itu Anda tidak boleh menyimpan madu di lemari es, sebab penyimpanan di bawah suhu dingin bisa memungkinkan madu berubah menjadi adonan. Menyimpan madu di kulkas juga akan meningkatkan kecepatan kristalisasi gula.

Buah Melon.

Tidak seharusnya buah melon disimpan di dalam kulkas, terutama melon yang sudah dibelah setengah. Pasalnya, menurut sebuah penelitian bahwa untuk menjaga nutrisi dan kandungan melon tetap utuh sebaiknya melon disimpan di dalam ruangan. Karena, menyimpan melon di dalam kulkas akan mengurangi nilai gizi dari melon itu sendiri.

Bawang Putih.

Bahan masakan yang satu ini termasuk dalam daftar makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas, sebab proses pengeringan dimulai setelah 12 jam. Jadi, Anda harus menyimpan bawang putih pada suhu ruangan. Hal itu satu-satunya cara supaya bawang putih tetap sehat, aman, dan dalam kondisi yang baik. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!