SMAN 3 Ciamis Cetak Atlet Handal yang Kerap Harumkan Nama Ciamis

10/01/2017 0 Comments
SMAN 3 Ciamis Cetak Atlet Handal yang Kerap Harumkan Nama Ciamis

Kepala SMA Negeri Ciamis, Drs. H. Dede Hidayat, bersama siswanya yang berhasil menjuari kejuaraan tenis meja O2SN tingkat provinsi, beberapa waktu lalu. Foto: Dokumentasi

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dengan moto ‘SEMANTIK Bangkit’, SMA Negeri 3 Ciamis terus berbenah diri untuk membuktikan sebagai sekolah unggulan di Kabupaten Ciamis. Tak hanya berprestasi di bidang akademik, sekolah ini pun kini dikenal sebagai pencetak atlet-atlet olahraga berprestasi yang kerap mengharumkan nama Kabupaten Ciamis di tingkat provinsi maupun nasional.

Setelah menerapkan konsep sekolah berbasis olahraga, prestasi siswa SMA Negeri 3 Ciamis di bidang olahraga semakin cemerlang. Atlet dari sekolah ini pun sering kali menjadi wakil Kabupatan Ciamis mengikuti berbagai kejuaraan olahraga.

Bahkan, dua atlet tenis meja dari SMA Negeri 3 Ciamis yang mewakili Kabupaten Ciamis di ajang PORDA (Pekan Olahraga Daerah), di Bekasi, tahun 2014 lalu, meraih medali emas pada cabang tenis meja putra dan putri.

Kepala SMA Negeri 3 Ciamis, Drs. H. Dede Hidayat, M.SI, mengatakan, guna mematangkan konsep sekolah berbasis olaharga, pihaknya sudah bekerjasama dengan berbagai klub professional untuk membina dan melatih siswanya yang memiliki bakat olahraga.

“Kami menjalin kontrak kerjasama dengan berbagai klub, mulai dari tenis meja, renang, taekwondo, sepakbola dan olahraga lainnya. Artinya, siswa kami sudah dilatih oleh pelatih professional. Maka jangan heran kalau siswa kami terpilih sebagai atlet yang mewakili Kabupaten Ciamis di berbagai ajang kejuaraan olahraga,” katanya, kepada Koran HR, belum lama ini.    

Dede menambahkan, pihaknya pun memberikan motivasi kepada para siswa yang berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik. Bentuk dari motivasi itu salah satunya berupa pemberian beasiswa.“Kami konsen untuk memotivasi siswa untuk berprestasi. Siapapun yang berprestasi akan mendapatkan beasiswa,” imbuhnya.

Beasiswa yang disediakan pihak sekolah, kata Dede, adalah pembebasan uang sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP). Menurut dia, prestasi yang diperoleh peserta didik harus diapresiasi. Dengan begitu, peserta didik akan memberikan yang terbaik bagi dirinya, sekolah dan masa depan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Toto Marwoto, mengapresiasi keberhasilan SMA Negeri 3 Ciamis yang sukses menerapkan konsep sekolah berbasis olahraga. Menurutnya, keberhasilan yang diraih tersebut telah berdampak terhadap tingginya minat masyarakat mendaftarkan anak-anaknya bersekolah ke SMA Negeri 3 Ciamis. 

“Kami juga sudah mendorong SMA Negeri 3 Ciamis untuk melakukan terobosan di bidang akademik, salah satunya dengan membuat konsep sekolah berbasis keagamaan. Kami terinispirasi oleh salah satu sekolah swasta di Kota Tasikmalaya, dimana tak hanya berhasil mencetak siswanya berprestasi di bidang akademik, tetapi juga berhasil membentuk ahlak siswanya melalui pelajaran keagamaan yang diintegerasikan dalam kurikulumnya,” ujarnya.

Bahkan, kata Toto, tak sedikit warga Ciamis yang menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta di Kota Tasikmalaya tersebut. “Jadi, kenapa di Ciamis tidak dibuat sekolah seperti itu. Dan kami memandang SMA 3 Ciamis layak menerapkan konsep sekolah tersebut. Bahkan, bisa dibuat lebih bagus dari sekolah ternama di Tasikamalaya itu,” pungkasnya. (Bgj/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!