Tips Membedakan Aplikasi Asli atau Palsu di Play Store & App Store

03/01/2017 0 Comments
Tips Membedakan Aplikasi Asli atau Palsu di Play Store & App Store

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Sebaiknya Anda pengguna smartphone berhati-hati dalam memilih dan menginstal aplikasi di Google Play Store maupun Apple App Store. Pasalnya, tidak sedikit orang yang tertipu oleh aplikasi palsu.

Seperti dilansir New York Post, New York Times serta CNET, belum lama ini, sedikitnya ada ratusan aplikasi tiruan.

Biasanya, aplikasi palsu ini ada iklannya yang sangat mengganggu. Bahkan, sebagiannya bisa membahayakan pengguna smartphone, seperti mengandung malware yang bisa mengambil informasi Anda.

Bahayanya lagi, scammer atau penjahat di dunia internet memanfaatkan user yang mengunduh aplikasi yang disuruh menginformasikan kartu kredit mereka di aplikasi tiruan tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber, harapanrakyat.com akan membagikan tips kepada pembaca untuk membedakan aplikasi asli dengan aplikasi palsu atau tiruan.

# Periksa ulasan di Play Store dan App Store

Aplikasi yang asli pasti mempunyai ribuan review atau ulasan atau komentar, sedangkan untuk aplikasi yang palsu hampir dipastikan tidak mempunyai ulasan.

# Lihat pengembang aplikasi

Sebelum menginstal aplikasi, Anda sebaiknya periksa terlebih dulu nama perusahaan pengembang aplikasi tersebut. Sebab, scammer biasanya menggunakan nama yang mirip dengan nama aplikasi yang asli. Sebagai contoh, Overstock, pengembang aslinya adalah Overstock.com, Sedangkan yang palsu adalah Overstock Inc.

# Periksa tanggal publikasi aplikasi

Langkah selanjutnya untuk membedakan aplikasi yang asli dengan yang palsu yaitu dengan memeriksa tanggal publikasinya. Untuk aplikasi asli tidak menampilkan tanggal rilis terbaru, melainkan hanya mempublikasikan tanggal update terakhir. Sementara aplikasi palsu hampir dipastikan mempunyai tanggal publikasi yang relatif baru.

# Cek kesalahan penulisan pada deskripsi

Aplikasi di Google Play Store maupun Apple App Store yang asli pasti mempunyai tim khusus yang bertugas untuk menangani masalah penulisan atau deskripsi, sehingga deskripsi yang ada di aplikasi tersebut sebelum dipublikasikan pasti diperiksa berkali-kali untuk meminimalisir kesalahan penulisan.  

# Hati-hati aplikasi yang menawarkan diskon

Sebaiknya Anda berhati-hati terhadap aplikasi yang menawarkan atau menginformasikan diskon besar-besaran, apalagi aplikasi tersebut jarang didengar. Sebab, aplikasi palsu akan memancing Anda dengan mengiming-imingi diskon, dengan tujuan untuk menipu. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply