4 Manfaat Jengkol yang Perlu Kamu Ketahui

06/02/2017 0 Comments
4 Manfaat Jengkol yang Perlu Kamu Ketahui

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),

Jengkol menjadi salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia. Memang tidak semua orang suka mengkonsumsinya, karena makan jengkol bisa membuat bau mulut tak sedap.

Namun, ada sejumlah fakta mengenai jengkol yang perlu kamu ketahui. Karena makanan ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari laman Vegetafruit, Senin (06/02/2017), berikut ini adalah sejumlah fakta dan manfaat dari jengkol;

Mencegah sembelit

Sering mengalami sembelit tentu akan membahayakan kesehatan tubuh, sebab hal itu dapat menyebabkan kanker usus besar. Jika kamu suka makan jengkol secara langsung, maka akan menuai manfaatnya guna mencegah sembelit.

Mencegah anemia

Manfaat lain selanjutnya dari makan jengkol yaitu bisa mencegah anemia. Penyakit ini seperti kita ketahui terjadi akibat kamu kekuragan zat besi. Jengkol mengandung cukup zat besi, yakni sekitar 4,7 gram per 100g jengkol. Jadi sangat disarankan untuk mengkonsumsi jengkol bagi kamu yang punya penyakit anemia.

Jengkol bisa menurunkan gula darah

Tak hanya anemia, makan jengkol juga bisa membantu mengendalikan diabetes. Sebab, zat yang terkandung di dalam jengkol dapat menurunkan kadar gula darah pada waktu yang tepat.

Namun, tentu saja cara menurunkan gula darah dengan mengkonsumsi jengkol perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat. Salah satunya mengurangi makanan yang mengandung tinggi gula. Kalau kamu penggemar minuman dan makanan manis bisa menggantinya dengan gula jagung.

Melindungi kesehatan jantung

Penyakit jantung koroner adalah salah satu jenis penyakit jantung yang dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi jengkol. Penyakit jantung koroner terjadi akibat penyempitan pembuluh darah. Dengan terjadinya penyempitan ini tentu aliran darah ke jantung menjadi tidak lancar, dan jika mengkonsumi jengkol, maka kandungan mineral dalam jengkol akan membuat pembuluh darah melebar.

Melalui gaya hidup sehat, manfaat makan jengkol pun dapat dioptimalkan. Semoga bermanfaat ya. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply