Citanduy Meluap Nyaris Jebol Tanggul di Padaherang Pangandaran

Citanduy Meluap Nyaris Jebol Tanggul di Padaherang Pangandaran

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Naiknya debit air Sungai Citanduy akibat hujan deras yang melanda sejumlah daerah, terutama di hulu sungai. Untuk itu, tidak ada salahnya jika warga yang berada di daerah rawan bencana tetap waspada.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, kepada HR Online melalui sambungan telepon selulernya, Kamis (16/2/2017).

“Ya, saat ini kondisi kembali berubah di Citanduy. Sebelumnya air sungai mengalami surut dan normal. Namun, saat ini debit air kembali naik hingga dua kali lipat dibanding sebelumnya. Untuk itu warga harus tetap waspada, terutama yang berada di Dusun Sukajadi, Desa Sukanagara,” katanya.

Nana Ruhena juga menjelaskan, bahwa pihak Pemda Pangandaran, BBWS, TNI, Polri dan relawan, untuk terus melakukan gotong-royong membuat tanggul cadangan dengan karung diisi tanah dan urugan tanah.

“Kami sedang mengusulkan bantuan ke kementrian PUPR untuk perbaikan tanggul permanen. Kami juga selalu menggunakan update kondisi terkini di lokasi tanggul yang nyaris jebol. Kalau ada perkembangan terkini, kami pastikan melapor ke pihak pemerintah, dalam hal ini Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran dan ke dinas terkait lainnya,”  kata Nana Ruhena. (Ntang/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles