Ini Penyebab Seringnya Banjir Lumpur di UPTD Binamarga Pamarican Ciamis

17/02/2017 0 Comments
Ini Penyebab Seringnya Banjir Lumpur di UPTD Binamarga Pamarican Ciamis

Lokasi yang diduga kuat menyebabkan banjir lumpur. Photo: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sering terjadinya banjir lumpur yang selalu menimpa halaman kantor BBUG yang saat ini dijadikan kantor  UPTD Binamarga Kecamatan Pamarican serta Jalan Raya Kertahayu Pamarican, ternyata disebabkan oleh mampetnya saluran pembuangan air selokan yang berada di wilayah Dusun Ciparakan, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Ade,  salah seorang warga sekitar. Menurutnya, banjir lumpur yang sering terjadi saat ini diakibatkan oleh mampetnya gorong gorong selokan yang di akibatkan oleh pendangkalan selokan yang terjadi pada beberapa bulan kebelakang.

“Sejak banyak terjadi longsoran diwilayah Perhutani, saluran selokan saat ini menjadi dangkal akibat banyaknya lumpur yang masuk. Hal inilah yang menjadi penyebab seringnya terjadi banjir yang disertai lumpur hingga masuk ke jalan dan halaman kantor BBUG,” katanya kepada HR Online, Kamis (16/02/2017).

Berdasarkan sumber informasi yang dihimpun HR Online, selokan di wilayah Ciparakan yang dulunya berkedalaman 2 hingga 3 meter,  saat ini hanya tinggal berkedalaman sekitar 50 centimeter. Sehingga, di saat hujan deras, secara otomatis saluran anak sungai tersebut tidak mampu menampung air hingga akhirnya meluap dan masuk ke halaman pemukiman warga serta merendam bahu jalan Kertahayu Pamarican dan kantor BBUG.

Warga berharap, Pemkab Ciamis segera turun tangan menangani hal tersebut dengan menggandeng Perhutani serta warga sekitar agar kejadian tersebut tidak terjadi lagi. (Suherman/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!