Longsor di Rancah Ciamis Hantam 4 Rumah Warga dan Tutup Badan Jalan

Longsor di Rancah Ciamis Hantam 4 Rumah Warga dan Tutup Badan Jalan

Longsor di Dusun Cibereum RT 01/17 Desa Rancah, sekitar pukul 19.00 WIB dan mengakibatkan 4 rumah warga mengalami kerusakan akibat diterjang material longsor. Foto: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (15/02/2017) malam, mengakibatkan tebing yang berada di dua lokasi yang berbeda mengalami longsor. Akibatnya, 4 rumah warga tertimpa reruntuhan longsor dan jalan raya Rancah- Patakaharja tertimbun material longsor.

Riki Rahman (28), warga Rancah, mengatakan, longsor pertama terjadi di Dusun Cibereum RT 01/17 Desa Rancah, sekitar pukul 19.00 WIB dan mengakibatkan 4 rumah warga mengalami kerusakan akibat diterjang material longsor. Sementara selang beberapa jam kemudian atau tepatnya pukul 02.00 WIB dini hari, tebing yang berada di  jalan raya Rancah-Patakaharja atau tepatnya di perbatasan Desa Kaunglarang mengalami hal serupa dan matrial longsornya hingga menutup badan jalan.

“Longsor di jalan Rancah-Pataka tak hanya memuntuhkan material batu dan tanah, tetapi rumpun bambu pun ikut menutup badan jalan. Hal itu membuat warga kesulitan saat membersihkan material longsor. Akibat peristiwa ini membuat akses Rancah -Patakaharja atau arah sebaliknya menjadi sedikit tersendat,” ujarnya.

Tebing yang berada di jalan raya Rancah-Patakaharja atau tepatnya di perbatasan Desa Kaunglarang, mengalami longsor dan matrialnya hingga menutup badan jalan. Foto: Heri Herdianto/HR

Semetara itu, Anggota Polsek Rancah, Doni, mengatakan, meski longsor hingga merusak rumah warga, namun tidak menelan korban jiwa ataupun luka. Hanya, korban mengalami kerugian materil dan sampai saat ini masih dalam penghitungan.

“Begitupun longsor yang terjadi di jalan raya Rancah- Pataharja, tidak menimbulkan korban. Kebetulan saat longsor terjadi, tidak ada pengendara yang melintas ke jalan tersebut,” ujarnya.

Doni mengimbau kepada warga yang tinggal di kawasan rawan bencana longsor agar selalu waspada dan berhati-hati. Pasalnya, di saat intensitas hujan yang sangat tinggi seperti sekarang ini, dapat memicu terjadinya bencana longsor.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan, sejumlah anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis dibantu aparat dari polsek dan koramil serta warga, bergotong royong membersihkan material tanah yang menghalangi jalan dan juga material yang menimpa rumah warga. (Heri/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles