ODHA di Banjar Berhak Sehat, AHF Dukung Pemeriksaan Baseline di RS

05/02/2017 0 Comments
ODHA di Banjar Berhak Sehat, AHF Dukung Pemeriksaan Baseline di RS

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Bagi ODHA (Orang dengan HIV-AIDS), pemeriksaan hitung CD4 merupakan suatu keharusan untuk memantau perkembangan penyakit, monitor pengobatan, dan lainnya yang membutuhkan biaya cukup mahal.

Namun, di tahun 2017 ini, penderita HIV-AIDS di Indonesia akan mendapatkan dukungan dari AIDS Healthcare Foundation (AHF) Indonesia, untuk membantu ODHA menjalani pemeriksaan baseline di rumah sakit, terutama bagi mereka yang kurang mampu. Termasuk ODHA yang ada di Kota Banjar.

Hal itu dikatakan Manager Program Yayasan Matahati Jawa Barat, Agus Abdullah, kepada Koran HR, Senin (30/01/2017), saat menghadiri kegiatan Community RTP Facility yang diikuti kader komunitas dan kader masyarakat, bertempat di sekretariat Warga Peduli AIDS Kota Banjar, Jl. Husein Kartasasmita.

“Kami sebagai mitra AHF Indonesia akan memfasilitasi ODHA kurang mampu yang ada di Kota Banjar ini, untuk bisa tetap mengakses layanan tersebut. Kami juga sedang menginventarisir apa saja kebutuhan mereka, terkait dengan layanan kesehatan, termasuk asupan gizi ODHA,” terang Agus.

Dia menambahkan, sebagaimana diketahui bahwa Indonesia kembali mendapat dukungan dari lembaga internasional, yakni AHF, dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS.

Hal itu tertuang dalam MoU antara Kementerian Kesehatan Rl dan AHF, di Jakarta tahun 2016 lalu, sebagai tanda dimulainya program AHF di Indonesia. Dukungan AHF pada tahap pertama akan berlangsung sampai tahun 2019.

Sejumlah program prioritas yang sekarang sudah berjalan itu diantaranya peningkatan akses layanan HIV-AIDS seperti test HIV, dan pengobatannya oleh kelompok-kelompok masyarakat. AHF Indonesia juga memprioritaskan penyediaan layanan HIV-AIDS yang berkualitas dan terjangkau oleh masyarakat luas.

“Untuk Kota Banjar sendiri baru masuk tahun ini, dan tahun 2016 kemarin, kami sebagai mitra AHF bergerak di Kabupaten Pangandaran. Harapan kami dukungan ini dapat membantu Pemerintah Kota Banjar dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS, sehingga program lebih tepat sasaran,” pungkas Agus. (Eva/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!