Pemdes Sukahurip Ciamis “Jemput Bola” Layani Masyarakat Terpencil

17/02/2017 0 Comments
Pemdes Sukahurip Ciamis “Jemput Bola” Layani Masyarakat Terpencil

Warga Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, saat mendapatkan pelayanan kesehatan dari pemerintah desa setempat yang dilakukan dengan sistem jemput bola. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Guna meningkatkan pelayan terhadap masyarakat, terutama di bidang kesehatan dan pembuatan KTP, Kartu Keluarga serta Akta Kelahiran, Pemerintah Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, harus bekerja ekstra. Sistem jemput bola pun dilakukan demi terwujudnya pelayanan yang merata.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Sukahurip, Turiman, S.Ag., kepada HR Online, saat dirinya terjun langsung ke dua wilayah naungannya yang lokasinya jauh dari pusat pemerintahan desa, yakni RT.08, Blok Ambulu dan RT.19, Blok Siluk, yang terletak jauh dari pusat perkantoran.

“Mengingat dua wilayah itu lokasinya bisa dikatakan terpencil dan sangat jauh ke pusat perkantoran desa, jadi kalau warga di sini ingin mendapatkan pelayanan, maka mereka harus menempuh jalan cukup panjang karena harus memutar arah ke Desa Pamarican dengan melewati hutan jati Perhutani,” terangnya.

Dengan diadakannya pelayanan terpadu seperti saat ini, lanjut Turiman, pihaknya berharap tidak ada lagi warga yang tidak mempunyai KTP atau Akta Lahir. Kegiatan pelayanan sistem jemput bola tersebut dilakukan Pemdes Sukahurip bekerjasama dengan pihak intansi terkait, seperti Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Kertahayu, Polsek Pamarican, Danramil Pamarican, serta para mahasiswa dari Universitas Galuh yang tengah melaksanakan KKN di Desa Sukahurip.

“Insya Allah, kegiatan ini akan kami lakukan rutin dua minggu sekali,” kata Turiman. (Suherman/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!