Pemulung Sampah Keliling Indonesia Singgah di Banjar

25/02/2017 0 Comments
Pemulung Sampah Keliling Indonesia Singgah di Banjar

Rahmat Andriana (mengenakan celana pendek), saat tiba Kantor Setda Banjar disambut Walikota Banjar. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Rahmat Andriana (30), warga Margaendah, Kelurahan Cimahi, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat, berkeliling Indonesia dengan bersepeda sambil memunguti sampah selama dalam perjalanannya.

Mamat, nama panggilannya, mengaku berangkat dari Alun-alun Cimahi pada hari Selasa (21/02/2017), yakni bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional. Keberangkatannya dilepas oleh Plt. Walikota Cimahi, Sudiarto.

Setelah menempuh jarak yang cukup jauh dari Cimahi, tepat hari Jum’at (24/02/2017), pukul 14.00 WIB, ia singgah di Kantor Setda Kota Banjar. Kedatangan Mamat langsung disambut oleh Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih.

Menurut Mamat, selama dalam perjalanannya, ia tidak menemukan hambatan yang ekstrim, hanya saja ia mengalami ban bocor dan pedal sebelah kiri patah saat tiba di wilayah Nagreg, Jawa Barat.

Selama di perjalanan, ia mengaku memunguti sampah anorganik dan dimasukkan ke dalam keranjang yang dibawanya. Kemudian, jika sudah penuh sampah tersebut ia berikan kepada pemulung.

“Saya berikan kepada pemulung itung-itung amal. Selama dalam perjalan saya menginap di mana saja, kadang di mesjid, kantor instansi pemerintah, atau polsek-polsek. Saya bawa pakaian dan uang secukupnya. Saya pun tidak khawatir dan yakin banyak orang yang baik kok,” tuturnya, kepada HR Online.

Mamat berharap apa yang dilakukannya menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk sadar dan peduli sampah. Karena semua harus peduli dengan sampah, dari mulai hal terkecil dengan cara membuang sampah ke tempatnya.

Setelah meminta stempel Kantor Setda Kota Banjar, Mamat pun kemudian pamit dan meneruskan petualangannya. (Hermanto/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!