Akademisi Unigal Ciamis ; Alih Fungsi Lahan Pengaruhi Ketersediaan Pangan

31/03/2017 0 Comments
Akademisi Unigal Ciamis ; Alih Fungsi Lahan Pengaruhi Ketersediaan Pangan

Faperta Universitas Galuh menggelar kuliah umum tentang dampak konversi lahan terhadap pembangunan yang berkelanjutan, Jum`at (31/03/2017). Photo : Deni Supendi/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ketua Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Galuh (Unigal), M. Nurdin Yusuf, SE.,MP., menyatakan bahwa saat ini alih fungsi lahan pertanian di berbagai daerah sudah tidak bisa lagi dikendalikan.

Ketika ditemui HR Online usai kuliah umum tentang dampak konversi lahan terhadap pembangunan, Jum’at (31/03/2017), Nurdin menjelaskan, alih fungsi lahan akan berdampak terhadap keberlanjutan dari pengadaan pangan masyarakat.

“Bila pertambahan jumlah penduduk tidak diimbangi dengan pengadaan lahan, maka tidak menutup kemungkinan, bahwa pangan yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat adalah pangan impor. Dan itu saat ini sudah terjadi,” katanya.

Nurdin menegaskan, pemerintah perlu mengeluarkan regulasi yang jelas tentang alih fungsi lahan itu sendiri. Menurut dia, regulasi tersebut berpengaruh terhadap upaya mengatasi ketersediaan pangan. (Deni/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!