Dapat BPNT, Ratusan Warga Langensari Banjar Serbu E-Warong

16/03/2017 0 Comments
Dapat BPNT, Ratusan Warga Langensari Banjar Serbu E-Warong

Ratusan warga saat menyerbu TB. Aziz Putra yang terletak di Jalan Sentosa Desa/Kecamatan Langensari untuk mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Photo: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Ratusan warga Kota Banjar menyerbu ke sejumlah e-warong atau Rumah Pangan Kita (RPK) yang ditunjuk pemerintah seperti di TB. Aziz Putra yang terletak di Jalan Sentosa Desa/Kecamatan Langensari guna membeli sejumlah kebutuhan pokok dengan menggunakan kartu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Sejak dibuka pada pukul 08.00 WIB, masyarakat langsung dilayani oleh petugas pendamping PKH dan BNI serta diawasi oleh aparat kepolisian, Rabu (15/03/2017).

Salah seorang KPM, Dasih, warga Dusun Karangmukti, Desa Langensari, mengatakan, dirinya mengambil bantuan program ini untuk dua bulan, yaitu Januari dan Februari 2017 sebagaimana yang sudah disediakan.

“Jatah satu bulannya yaitu senilai Rp.110 ribu berupa 10 kilogram beras dan 2 kilogram gula. Jadi sekarang ini kami mendapatkan beras 20 kilogram dan gula 4 kilogram,” terangnya kepada Koran HR.

Atas bantuan yang diterimanya, kata Dasih, dia sangat bersyukur dan berterima kasih pada pemerintah. Sebab, sangat membantu sekali dan juga dirinya lebih senang menerima BPNT dibanding dengan program Beras Sejahtera (Rastra).

“Kalau Rastra kan dari jatah sesungguhnya 15 kilogram cuma dapat sebagiannya atau bisa oleh tiga warga miskin lainnya. Mendingan seperti yang sekarang ini,” tukasnya.

Sementara itu, petugas BNI, Edi dan Riska, mengatakan, bahwa pihaknya dalam program ini berperan sebagai Agen of Development yang berkerjasama dengan Bulog dan tentunya mendukung langkah pemerintah dalam mengelola komoditas pangan untuk keluarga miskin.

“Dukungan yang kami lakukan ya seperti ini, menyiapkan agen BNI yang berkolaborasi dengan Bulog menjadi RPK dalam penyaluran BPNT dan Rastra,” jelasnya.

Sementara itu, pendamping keluarga harapan (PKH) Kota Banjar, Wahyu, mengungkapkan, di agen atau RPK ini diperuntukan bagi 200 KPM yang terdiri 115 warga Desa Langensari dan 85 warga Kelurahan Muktisari.

“Penerima BPNT ini merupakan penerima program bantuan PKH lama atau tahun sebelumnya,” tandas dia.

Sedangkan Mumu Muflihin, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Desa Waringinsari, menambahkan, setelah beres pembagian program BPNT, akan dilanjut pembagian Rastra bagi warga miskin yang tidak tercover BPNT pada hari berikutnya.

“Masing-masing penerima rastra itu nantinya akan mendapatkan 5 kilogram beras,” ucapnya. (Nanks/R6/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!