Delapan Prioritas Program Pemkab Pangandaran di Tahun 2018

02/03/2017 0 Comments
Delapan Prioritas Program Pemkab Pangandaran di Tahun 2018

Kantor Bupati Pangandaran. Photo: Dokumen HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pangandaran, H. Ujang Endin Indrawan, SH, ketika ditemui Koran HR, Selasa (28/02/2017), menyatakan bahwa penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pangandaran tahun 2018 sudah dilaksanakan.

“Terkait usulan kegiatan atau belanja daerah telah dilaksanakan melalui 4 pendekatan, yaitu teknokratis, partisipatif, politis serta bottom-up dan top-down. Sampai dengan tahapan ini, telah masuk ribuan usulan kegiatan. namun demikian usulan itu tentunya sangat tergantung dengan kemampuan pendanaan pemerintah daerah,” katanya.

Ujang Endin menegaskan, berdasarkan kondisi tersebut, kebijakan pendapatan yang diproritaskan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran pada tahun 2018 meliputi, memantapkan kelembagaan, intensifikasi dan ekstensifikasi, koordinasi pusat-daerah, meningkatkan kepercayaan masyarakat, meningkatkan peran dan fungsi SKPD penghasil dan meningkatkan pengelolaan asset daerah.

“Dengan kebijakan itu, mudah-mudahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat meningkat, bantuan keuangan dari pemerintah provinsi serta dana transfer pemerintah pusat juga bertambah. Sehingga, dapat lebih banyak program dan kegiatan yang dapat dilaksanakan pada tahun 2018,” katanya.

Ujang Endin juga menyebutkan delapan prioritas program dan kegiatan di tahun 2018. Diantaranya, pembangunan gedung perkantoran pemerintah, penyelesaian pembangunan RSUD, pembangunan jalan dan jembatan, pembangunan Puskesmas, pengadaan alat kesehatan, pembangunan jalan poros wisata Pantai Pangandaran-Legokjawa, pembangunan jembatan pantai timur, pengembangan dan pengintegrasian e-planning, e-budgeting, e-sakip dan e-monev.

Selain kegiatan yang menjadi kewenangan kabupaten, Ujang Endin menambahkan, pihaknya juga berusaha berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, agar dapat mewujudkan rencana percepatan pembangunan Bandara Nusawiru, pemantapan jalan nasional, dan percepatan pembangunan pelabuhan samudra dan reaktivasi kereta api. (Mad/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!