Hati-hati Whatsapp Anda Bisa Disadap! Begini Prosesnya

09/03/2017 1 Comment
Hati-hati Whatsapp Anda Bisa Disadap! Begini Prosesnya

Aplikasi Whatsapp. Photo: Net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Saat asik melakukan chat menggunakan Whatsapp dengan teman maupun pacar atau juga dengan rekan bisnis, tapi semua aktifitas chat kita diketahui orang lain atau disadap yang tentunya hal tersebut tidak diinginkan oleh siapapun.

Bahkan, banyak kejadian yang membuat jagad dunia maya ramai memperbincangkan seperti kasus penyadapan pesan instan halnya Whatsapp.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang mengganggu privasi kita dalam melakukan komunikasi dengan orang lain, HR Online menyarankan agar menjaga akun media sosial maupun smartphone kita dengan memperketat keamanan berlapis supaya privasi kita lebih aman. Sebagai contoh, HR Online mencoba membagikan proses “penyadapan” Whatsapp secara sederhana dan cara mengantisipasinya dengan mudah.

Whatsapp memiliki banyak fitur yang memudahkan kita berinteraksi dan saling berbagi foto, video, kontak, file maupun lainnya. Bahkan, Whatsapp tidak hanya bisa diinstal di smartphone saja, namun di PC maupun laptop juga bisa. Untuk laptop atau PC yang tidak mendukung Whatsapp, ada alternatif lain dengan menggunakan Whatsapp Web yang bisa kita gunakan secara bersamaan antara PC atau laptop dengan smartphone kita.

Hanya dengan melakukan scan kode QR dari smartphone pada PC atau laptop yang tersambung dengan internet, semua aktifitas Whatsapp kita akan lebih mudah dengan PC atau laptop.

Karena fitur Whatsapp Web memudahkan penggunanya menyambungkan smartphone dengan PC atau laptop, membuat sejumlah pecinta teknologi melakukan terobosan baru dengan menciptakan Whatsapp Web yang bisa digunakan untuk menyambungkan Whastapp di smartphone dengan smartphone lain.

Adapun prosesnya, pengguna akan terlebih dahulu menginstal aplikasi Whatsapp Web yang diunduh dari Playstore atau Appstore.

Setelah berhasil didownload dan diinstal, maka Whatsapp Web pada smartphone sudah bisa digunakan untuk menyambungkan dengan smartphone lain. Cara kerjanya, hanya dengan menunggu aplikasi Whatsapp Web yang diinstal menampilkan kode QR.

Jika kode QR pada Whatsapp Web sudah tampil, dilanjutkan dengan membuka aplikasi Whatsapp di smartphone yang akan disambungkan. Setelah terbuka, akan pilihan menu Whatsapp Web yang sudah tersedia. Otomatis akan ada tampilan yang siap memindai kode QR.

Apabila sudah selesai dipindai kode QR tersebut, maka proses menyambungkan antara smartphone satu dengan lainnya sudah bisa digunakan untuk memantau maupun menggunakannya sesuai kehendak pemilik smartphone yang sudah menginstal aplikasi Whatsapp Web. [Baca Juga: Mau Beli Power Bank? Baca Ini Dulu Agar tidak Tertipu]

Sebagai catatan, bila kedua smartphone sudah tersambung, maka semua aktifitas akan dapat dilihat oleh smartphone yang diinstal Whatsapp Web dan tersambung dengan smartphone yang sudah dipindai kode QR. Jika Whatsapp pada smartphone sedang tidak aktif, maka Whatsapp Web juga tidak bisa menampilkan aktifitas pada Whastapp yang sudah disambungkan. Bahkan, saat baterai smartphone akan habis, bisa terlihat secara jelas oleh smartphone yang menginstal Whatsapp Web.  

Jika kita ingin mengeluarkan Whatsapp dari Whatsapp Web yang tersambung, atau kita tidak ingin orang lain melakukan pengintaian aktifitas chat di Whatsapp kita, maka langkahnya adalah kembali kita pilih menu Whatsapp Web di aplikasi Whatsapp .

Kemudian, tampilan perangkat yang sedang aktif di Whatsapp kita bisa kita lihat secara jelas. Untuk mengeluarkannya, pilih keluar dari semua komputer agar Whatsapp kita tidak tersambung dengan Whatsapp Web.

Jika sudah berhasil, maka Whatsapp Web pada smartphone akan kembali meminta dipindai kode QR seperti semula. Sedangkan aplikasi Whatsapp kita sudah tidak lagi tersambung dengan perangkat lain.

Proses menyambungkan antara Whatsapp Web di smartphone dengan Whatsapp di smartphone jika digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, tentu akan membuat kita gelisah saat berkomunikasi menggunakan Whatsapp. Sebab, semua aktifitas kita terpantau secara jelas, gamblang dan akurat.

Maka dari itu, HR Online menyarankan agar pengguna Whastapp jangan sampai lengah meninggalkan smartphone dalam keadaan tidak terkunci. Semoga bermanfaat!  (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

1 Comment

Leave a Reply