Ilmuwan Ciptakan Kondom Cerdas Pendeteksi IMS

05/03/2017 0 Comments
Ilmuwan Ciptakan Kondom Cerdas Pendeteksi IMS

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah ilmuwan Eropa menciptakan produk alat kontrasepsi berupa kondom cerdas. Kondom cerdas ini diklaim bisa memonitor aktifitas serta kemampuan seksual pria yang memakainya. Tidak hanya itu, kondom cerdas ini juga mampu melacak penyakit atau infeksi menular seksual (IMS).  

Adam Leverson, insinyur kepala di i-Con project, dilansir dari situs berita internasional, Sabtu (04/03/2017), menuturkan, kondom cerdas sengaja diumumkan dalam rangka pengenalan dan penerapan teknologi terbaru dalam dunia kesehatan.  
 
Menurut Adam, pihaknya berinovasi dengan cincin kondom cerdas. Cincin yang terdapat di kondom cerdas dapat mengukur setiap aspek kegiatan di tempat tidur, diantaranya durasi, kecepatan, ukuran lilitan serta kemampuan seksual pria.

Cincin tersebut memiliki indikator built-in yang memberi tahu pemakainya tentang keberadaan IMS, seperti penyakit chlamydia dan sifilis. Semua informasi yang dikeluarkan kondom cerdas dijaga tetap rahasia.

Cincin yang terpasang di dasar kondom itu dilengkapi garansi satu tahun. Selain itu, ukuran cincin dapat disesuaikan serta dapat dipakai beberapa kali. Cincin tersebut memiliki micro USB port sehingga dapat diisi ulang daya (charge). Satu kali pengisian daya, bisa digunakan untuk enam sampai delapan jam.

Penerapan teknologi itu juga didukung nanochip dan bluetooth yang terhubung dengan smartphone. Sampai saat ini, sudah lebih dari 90 ribu orang memesan produk kondom cerdas tersebut. Produk kondom cerdas ini bakal diluncurkan akhir tahun ini dengan kisaran harga Rp. 1 juta.

British Condom sebagai produsen kondom membenarkan tentang pengembangan produk unik tersebut. Menurut Aaron Slater, juru bicara Britsh Condom, Nottingham, menuturkan, pihaknya berupaya melakukan advokasi mengenai aktifitas seks yang aman. (Deni/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!