Indonesia Bakal Miliki Kereta Supercepat, Jakarta-Bandung Hanya 9 Menit

13/03/2017 0 Comments
Indonesia Bakal Miliki Kereta Supercepat, Jakarta-Bandung Hanya 9 Menit

Hyperloop Transportation Technologies. (Foto HTT).

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Hyperloop adalah armada kereta supercepat yang diprakarsai miliarder teknologi kenamaan Elon Musk. Nama Hyperloop mungkin masih terdengar sangat asing di telinga masyarakat Indonesia. Padahal, armada tersebut sudah cukup menggema di jagat teknologi transportasi luar negeri, terutama di Amerika Serikat.

Kini, Indonesia melalui Kementerian Perhubungan dikabarkan sudah menandatangani kerja sama dengan mitra Hyperloop di Indonesia, yakni Hyperloop Transtek Indonesia, sebuah perusahaan yang dipercaya untuk mengembangkan kereta supercepat tersebut.

Dilansir laman CNBC, Sabtu (11/03/2017), diharapkan Hyperloop bisa menjadi salah satu solusi yang mampu memecahkan masalah kemacetan di Indonesia. Untuk itu, perusahaan Hyperloop Transportation Technologies (HTT) menawarkan Hyperloop ke Indonesia.

Jika nanti hal itu terjadi, otomatis Indonesia bakal menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki sistem transportasi Hyperloop. Seperti negara lain yang juga sedang mendapatkan proyek pengembangan Hyperloop, diantaranya Uni Emirat Arab, Perancis, Republik Ceko, dan Slowakia.

Walaupun nantinya akan seperti kereta, namun Hyperloop tidak akan mengusung skema transportasi melalui rel kereta, melainkan mengusung bentuk tabung atau kapsul yang bisa mengangkut hingga 40 orang.

Sebagai landasan pacunya akan ada stator aktif yang dibangun ke trek dan bereaksi dengan magnet yang juga dibangun ke dalam kapsul, jadi mendorongnya melalui tabung tersebut. Dengan memiliki tekanan udara yang lebih rendah, sehingga mampu meminimalisir gesekan yang memperlambat gerakan kapsul, dan koil stator pun tetap bergerak secara merata.

Hyperloop sendiri mampu memindahkan penumpang maupun barang dalam hitungan waktu yang sangat singkat. Menurut taksiran HTT, jika menggunakan Hyperloop, perjalanan dari Jakarta ke Bandung hanya akan memakan waktu 9 menit saja, dan Jakarta-Yogyakarta cuma menempuh waktu 25 menit.

Kalau memang ini bisa terwujud, Hyperloop digadang-gadang akan menjadi mobilitas yang paling diprioritaskan di Indonesia, lantaran supercepat dan sangat irit waktu. Kita tunggu saja kehadirannya. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!