Ini Manfaat Kentut Buat Kesehatanmu

13/03/2017 0 Comments
Ini Manfaat Kentut Buat Kesehatanmu

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Tak bisa dihindari bahwa semua manusia pasti kentut. Namun, ada yang unik dari kentut, di mana gas yang keluar dari dalam perut mengandung hidrogen sulfida yang dihasilakan oleh sistem pencernaan.

Bau tak sedap yang keluar terkadang menjadi momok bagi sebagian orang. Tapi tahukah kamu, ternyata kentut itu adalah hal yang sangat menyehatkan. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari kentut, termasuk bau busuk yang kerap dianggap mengganggu.

Mengapa kentut dapat memberikan efek sehat pada tubuh? Berikut ini ulasannya.

Mengusir kembung

Gas dalam perut yang belum dilepaskan dapat menyebabkan kembung dan tidak nyaman. Perut terasa berat, bahkan kenyamanan saat duduk, berbaring dan berdiri pun menjadi terganggu. Dengan kentut, hal tersebut bisa sembuh, jadi sebisa mungkin kamu harus kentut supaya dapat menghilangkan rasa kembung di perut.

Bisa mendeteksi penyakit

Pada beberapa kasus, bau busuk yang ditimbulkan akibat kentut bisa mendeteksi apakah seseorang memiliki penyakit serius atau tidak. Jika dalam satu bulan bau kentut jauh lebih busuk, bisa jadi itu adalah indikasi ada penyakit di dalam tubuh. Hal itu biasanya terjadi intoleransi makanan atau ada masalah yang lebih serius, seperti kanker usus besar.

Gas kentut bisa mencegah kanker

Bau kentut memiliki dampak buruk bagi kesehatan kalau terhirup dalam jumlah besar. Namun, saat bau kentut ketika terhirup dalam jumlah kecil justru bisa mencegah masalah kesehatan tertentu.

Di dalam gas kentut terkandung zat bernama hydrogen sulfide yang diproduksi bakteri saat mencerna makanan dalam usus. Peneliti di Exeter University, mengungkapkan, dalam jumlah sedikit, zat ini membantu melindungi sel dan mencegah penyakit.

Bahkan, peneliti telah menemukan zat baru bernama AP39 yang dapat membantu tubuh dalam memproduksi hydrogen sulfida dengan jumlah yang tepat. Mereka percaya hal ini bisa membantu menjaga kerusakan mitokondria yang merupakan strategi kunci guna mencegah penyakit serius, seperti stroke, gagal jantung, diabetes, dementia dan arthritis.

Bisa menghindari masalah pencernaan dan usus besar

Kalau kamu ingin memiliki pencernaan sehat dan usus yang terbebas dari penyakit, sebaiknya jangan menahan kentut. Sebab, gas tersebut akan kembali naik ke atas sehingga tidak baik bagi pencernaan, terutama usus besar.

Dapat meningkatkan suasana hati

Memang belum ada penelitian khusus, tapi setelah buang gas biasanya suasana hati akan langsung berubah ceria, dan mood kita pun menjadi baik. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!